Wabup Minta New Normal Dievaluasi


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Wakil Bupati (Wabup) Empat Lawang, Yulius Maulana meminta Satuan Tugas (Satgas) percepatan dan penanganan Covid-19 agar segera melakukan Evaluasi pasca penerapan New Normal.

Sebab, dirinya merasa penerapan tatanan kehidupan baru di Empat Lawang yang masih masuk zona hijau, dikhawatirkan memicu penyebaran Covid -19 itu sendiri. Pasalnya, pola masyarakat seakan kembali normal sehingga mengabaikan protokol kesehatan.
“Saya meminta tim gugus segera mengevaluasi penerapan new normal ini, karena saya lihat di lapangan masih banyak masyarakat yang salah memahaminya. Seperti hal yang mencolok itu, masih banyak masyarakat yang keluar rumah tidak memakai masker dan berkerumun,” kata Yulius.

Dirinya berharap kepada gugus tugas dan TNI-POLRI agar segera membuat terobosan-terobosan dalam hal memberikan pemahaman ke masyarakat. “Pemahaman masyarakat dengan new normal ini masih rendah, jadi saya minta sosialisasi lebih ditingkatkan lagi. Jika perlu, kita beri sanksi seperti di Palembang itu. Bagi pelanggar yang tidak menggunakan masker, akan dikarantina selama 3 hari biar ada efek jera,” jelasnya.

Masih dikatakan Wabup, hajatan pernikahan pun juga menjadi sorotan pihaknya, karena di sana orang banyak berkerumun, jangan sampai terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. “Nanti akan dibuatkan SOP untuk hajatan pernikahan, apakah nanti akan seperti pesta taman, yaitu sesudah memberi ucapan selamat langsung pulang atau seperti apa, baiknya nanti kita akan evaluasi. Yang pasti jumlah kursi dan undangan tidak boleh melebihi 50 kursi di lokasi hajatan,” jelasnya.
Ia juga berharap masyarakat memahami akan bahaya dan dampak dari virus corona, yang secara nasional saat ini hampir 1.000 orang setiap hari positif. “Jangan karena satu orang Positif, Empat Lawang masuk zona kuning apalagi zona merah. Masyarakat harus paham itu,” tandasnya. (Ac07/CE-V)

Previous Jembatan Mulak Dibongkar
Next Penyaluran BLT DD Tahap Tiga Rampung