Verifikasi dan Validasi Kawasan Kumuh


Foto : ist
SURVEY : Lokasi kegiatan BPM yang dicek secara langsung perwakilan DPKPP, Korkot Kotaku, LKM dan akademisi di Kelurahan Tebat Giri Indah.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tahun ini, rencana lokasi pembangunan infrastruktur pemukiman di Kelurahan Tebat Baru dilakukan survey oleh pihak Dinas Perumahan Kawasan Pemukikan dan Pertanahan (DPKPP) Kota Pagaralam beserta Kordinator Kotaku, LKM, Akademisi serta pihak RT RW setempat.

Dituturkan Plt Kepala DPKPP Kota Pagaralam, A Parliansyah ST MM didampingi Kabid Perumahan Novi Hendri Herly ST melalui Kasi Perencanaan Titi Merianty ST mengatakan, kegiatan survey yang dilakukan ini merupakan verifikasi dan validasi kegiatan Kotaku yang saat ini berganti program Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM). “Tahun ini untuk pengentasan kawasan kumuh melalui BPM di Kelurahan Tebat Giri Indah, dengan alokasi dana mencapai Rp. 2 miliar. Pengecekan yang dilakukan, untuk memastikan lokasi pengerjaannya, sesuai dengan perencanaan,” ungkapnya.

Ditambahkan Korkot Kotaku, Aldi mengatakan, pihaknya menargetkan untuk kawasan kumuh di Kelurahan Tebat Giri Indah bisa ditanggulangi. “Kita targetkan  0 persen, khususnya di Tebat Giri Indah. Secara total masih menyisakan tiga kelurahan lagi terdapat luasan kumuh mencapai sekitar 10,74 hektar.  Selain Tebat Giti Indah, yaitu Beringin Jaya, dan Bangun Jaya,” sebutnya.

Mengenai infrastruktur pemukiman yang akan dibenahi, meliputi jalan paving blok, drainase, sumur bor, serta jalan cor beton. “Kita harapkan dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, kesan kawasan kumuh bisa hilang,” harapnya.

Lanjut Aldi, mengenai hanya Kelurahan Tebat Giri Indah mendapatkan kucuran program BPM yang bersumber dari dan BDI, kawasan kumuh di kelurahan lain bisa ditangulangi dengan kolaborasi dengan program lain. “Semisal, sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakt) ataupun TPS3R. Program ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi persoalan air bersih ataupun persampahan di pemukiman padat (kumuh, red),” pungkasnya. (06)

 

Previous Pembangunan Jembatan Paiker Disetujui Menteri
Next Verifikasi dan Validasi Kawasan Kumuh