Usai Lebaran, Harga Sayuran “Terjun Bebas”


Foto : Pidi/Pagaralam Pos TURUN DRASTIS : Usai libur lebaran, harga sayuran di Pasar STA Nendagung turun drastis.
Foto : Pidi/Pagaralam Pos
TURUN DRASTIS : Usai libur lebaran, harga sayuran di Pasar STA Nendagung turun drastis.

PAGARALAM POS, Nendagung – Usai Lebaran, petani sayur-sayuran di Kota Pagaralam lagi-lagi harus mengelus dada. Harga sayuran di tingkat agen “terjun bebas”. Di Pasar Sub Terminal Agrobisnis (STA) Nendagung menyebutkan, penurunan harga untuk tiap jenis sayuran berkisar diantara Rp 2 ribu sampai dengan Rp 3 ribu per kilogram.  Adapun jenis sayuran yang mengalami penurunan harga disebutkan Dewi (48), salahsatu agen sayuran di Pasar STA Nendagung, seperti kubis, sebelumnya Rp 5.500/kg, kini Rp 4 ribu/kg. Sawi manis dan pahit pun sama. Sebelumnya harga dua jenis sayuran ini Rp 5 ribu/kg, kini berada di Rp 3 ribu/kg. Penurunan drastis pada sayuran jenis buncis, tomat dan wortel.

“Buncis yang sebelumnya berada di Rp 7 ribu/kg, kini menjadi Rp 2 ribu/kg. Sedangkan  tomat dan wortel sebelumnya Rp 8 ribu dan Rp 7 ribu/kg, kini Rp 5 ribu dan Rp 3 ribu/kg,” ucapnya.

Penurunan harga lebih dikarenakan faktor permintaan yang berkurang. Meskipun stok sayuran melimpah, namun menurut dia, tidak didampingi dengan permintaan yang tinggi tentunya akan membuat harga sayuran sedikit demi sedikit menjadi menurun. (11)

Previous Kakek Nekat Gantung Diri
Next Tidak Ngantor, Pejabat Dicopot