Ubah Pola, Terjun Langsung Dengar Keluhan


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
SOSIALISASI: Masyarakat Kecmatan Dempo Utara begitu antusias mengikuti giat sosialisasi program PTSL, yang diadakan BPN Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pagaralam, Isnu Baladipa SH MM sangat mengapresiasi terhadap antusiasme masyarakat dalam menyukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020.

“Kita sudah 3 Kecamatan yang diadakan sosialisasi program PTSL. Alhamdulillah, antusias masyarakat sangatlah tinggi,” ungkap Isnu, usai sosialisasi PTSL di Kecamatan Dempo Utara.

Menurut Isnu, dalam kesempatan sosialisasi itu, banyak pertanyaan yang diajukan masyarakat terkait PTSL, termasuk juga menjawab mengapa selama 3 tahun ini, program PTSL tidak pernah mencapai target. “Jadi dengan mendengarkan langsung, keluhan dan pertanyaan dari masyarakat, hingga menurunnya animo untuk mengikuti PTSL. maka kita jawab dan ubah polanya,” katanya.

Sertifikat-sertifikat yang belum selesai, sebut Isnu, akan segera diselesaikan secara baik, tentunya masih memerlukan waktu. “Tapi saya janji, setifikat-sertifikat yang diajukan masyarakat, dengan mengikuti program PTSL di tahun 2017, 2018 dan 2019, bakal kita selesaikan di Maret 2020 ini,” tegasnya.

Menjawab pertanyaan masyarakat di bidang pertanahan, tambah Isnu, baik itu di sengketa lahan maupun tapal batas, dengan adanya program pemerintah ini sangat baik sekali dan akan ikut selesai. “Makanya, kita ada 3 Kelurahan yang masuk ke dalam peta lengkap, akan menjadi 5 kelurahan, tapi tanpa dukungan masyarakat sulit tercapai,” tandasnya. (Cg09/CE-V)

Previous BPK Periksa Randis Bantuan Milik Pemkot
Next Satgas BPBD Pangkas Ranting Pohon Ganggu Jalan