Turunkan 15 Petugas Data Alat UTTP


Foto: Ist/Pagaralam Pos
DATA ALAT TIMBANG: Petugas dari Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam melakukan pendataan alat UTTP, terhadap sejumlah pedagang di pasar tradisional Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Untuk mengetahui jumlah potensi alat ukur timbang, biasa digunakan seluruh pelaku usaha dan jasa di wilayah Kota Pagaralam, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan PP Kota Pagaralam, melaksanakan pendataan alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).




Dalam pendataan alat UTTP, sedikitnya 15 petugas pendata diterjunkan dan disebar ke sejumlah kawasan, baik itu di instansi pemerintahan maupun pasar tradisional Kota Pagaralam, Puskesmas, Rumah Sakit, agen sayur, tauke kopi, PTPN 7, Balai Uji KIR dan lain sebagainya.




Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, M Rasyidin Asin SH, melalui Kabid Metrologi, Reni Yulianti ST MM, didampingi Kasi Pengujian Peneraan, Andriansyah Siregar SKom MM menuturkan, pendataan alat UTTP dilaksanakan ini berdasarkan amanat Undang-undang No.2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal, serta Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah Sub Urusan Standarisasi dan Perlindungan Konsumen, khususnya penyelenggaraan pelayanan tera ulang dan pengawasan Metrologi Legal.




“Sehubungan dengan hal itu, kita pun melakukan pendataan alat UTTP yang digunakan di satuan kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pihak swasta dan termasuk pedagang pasar, agen sayur, agen kopi dan lain-lain, dengan menurunkan sedikitnya 15 petugas pendata,” ucap Andri.




Menurut Andriansyah, pendataan alat UTTP ini dimulai sejak tanggal 20 Februari – 14 Maret 2017. Sebelumnya, pelaksanaan pendataan dilakukan oleh pihak Provinsi. Sekarang, sesuai aturan yang ada, dikembalikan ke daerah kabupaten/kota masing-masing.




“Sejauh ini, untuk Kota di Provinsi Sumsel yang sudah menerapkan pendataan alat UTTP adalah Kota Lubuk Linggau, baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana, meliputi gedung maupun bangunan laboratorium sudah lengkap,” ungkapnya.




Mengenai pendataan alat UTTP, ujar Andriansyah, untuk mengetahui jumlah potensi penyebaran maupun jenis alat UTTP di wilayah Kota Pagaralam, sehingga ke depan dapat menyiapkan sarana dan prasarananya.




“Hasil pendataan alat UTTP, sejumlah pedagang pasar mendukung sekali akan hal itu. Dengan jenis alat UTTP yang didata berupa timbangan pegas, timbangan orang, timbangan tensi, timbangan alat ukur emas, dan masih banyak lagi lainnya, kita berharap masyarakat juga dapat mendukung program pemerintah ini dengan memberikan data alat UTTP secara baik,” tandasnya. (09/CE-V)

Previous Bangun Balai Kota, Tampung 1.000 Orang
Next Nilai Ditempel di Depan Kelas