Tunggakan Listrik Pemkab Capai Rp 164 Juta


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, ternyata masih memilki tunggakan listrik di PLN sebanyak Rp164 Juta per Desember 2018. Namun, tunggakan penggunaan listrik selama 10 bulan terakhir untuk Penerangan Jalan Umum (PJU), sudah dinyatakan lunas. “Iya, sempat nunggak selama 10 bulan selama 2018 ini, dengan nilai kurang lebih sebesar Rp 2,8 miliyar, penggunaan listrik PJU Alhamdulillah sudah lunas. Hanya perkantoran saja yang belum lunas, nilainya sebesar Rp 164 juta,” ungkap Manager PLN Rayon Tebing Tinggi, Mustofa, kemarin.




Alasan terjadi tunggakan, kata Mustofa, terkait soal anggaran di Pemkab Empat Lawang itu sendiri. Meski demikian, lanjut dia, pihak Pemkab Empat Lawang telah berjanji akan membayar 30 persen terlebih dahulu tunggakan pembayaran listrik di Perkantoran, selebihnya akan dilunasi pada 2019 mendatang.




“Kita sangat apresiasi itikad baik Pemkab Empat Lawang, untuk melunasi tunggakan pembayaran listrik, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Empat Lawang, karena sudah melunasi tunggakan listrik PJU,” ujarnya.




Selain masih ada tunggakan pembayaran listrik di Perkantoran Pemkab Empat Lawang, di tengah masyarakat Kabupaten Empat Lawang juga terjadi tunggakan. Nilainya kata Mustofa, sebesar Rp1,5 miliyar. “Untuk umum (masyarakat, red), nilai tunggakan sebesar Rp1,5 miliyar. Nilai ini sampai dengan Desember 2018,” jelasnya.




Disampaikannya, saat ini pihaknya sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Kejaksaan Negeri Empat Lawang, untuk melakukan penagihan tunggakan listrik di Kabupaten Empat Lawang. “Penandatanganan MoU dengan pihak Kejaksaan itu kemarin kita lakukan di Palembang. Untuk tindaklanjutnya pasca penandatanganan MoU ini, akan ada pemberian surat kuasa khusus (SKK) dari kita yang Insyaallah segera kita lakukan,” imbuhnya.




Diapun berharap, setelah ada kerjasama PLN dengan Kejakasaan ini, diharapkan tunggakan pembayaran listrik dapat segera diminimalisir. Pasalnya, dengan tunggakan yang masih cukup besar, tentu sangat mengganggu kinerja PLN di Kabupaten Empat Lawang ini sendiri. “Makanya kita berharap kesadaran semua pihak untuk segera melunasi tunggakan listriknya,” harap dia. (07)

Previous Selesaikan 154 Perkara Narkotika Sepanjang 2018
Next Ketua TP PKK Muratara Juara III Tingkat Provinsi