Tumbak Ulas Ajak Warga Canangkan Gerakkan ‘BELADIRI’


Foto: Ist/Pagaralam Pos
KEBERSAMAAN: Pihak Kelurahan Tumbak Ulas canangkan gerakkan ‘BELADIRI’ sebagai bentuk dan ajakan untuk masyarakat, untuk bisa meningkatkan semangat kebersamaan.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Apa yang dilakukan pihak Kelurahan Tumbak Ulas, Kecamatan Pagaralam Selatan patutlah di contoh. Sebab, dengan suatu gerakan atau terobosan baru, yakni mencanangkan gerakan Bersih Lingkungan Disekitar Rumah Sendiri (BELADIRI) ini, pihak Kelurahan pun mengajak masyarakat, untuk bisa ikut terlibat secara langsung, dalam hal menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“Ya, belum lama ini, kita mencoba suatu terobosan baru, untuk mengajak masyarakat di dalam menumbuhkan rasa kebersamaan, yakni dengan mencanangkan gerakan ‘BELADIRI’ di lingkungan Kelurahan Tumbak Ulas,” ungkap Lurah Tumbak Ulas Dadang Kurnia Jaya SSos MSi.

Dikatakan Dadang, terdapat beberapa ppoin imbauan, yang dituangkan dalam gerakan pencanangan ‘BALADIRI’ ini, ditujukan langsung kepada masyarakat, antara lain membersihkan rumput, sampah di halaman rumah sendiri sampai di depan jalan luar para rumah sendiri.

Membersihkan menjaga, merawat drainase, SPAL, Sungai di depan, di samping maupun di belakang rumahnya masing-masing, membuang sampah rumah tangga, sampah basah dan sampah kering, dengan cara membuat lubang di halaman rumah masing-masing (bagi yang mempunyai halaman belakang rumah).

“Tidak hanya itu, membuang sampah di tempat pembuangan sementara di titik atau lokasi, yang ditentukan dan waktu mobil sampah lewat yaitu pukul 07.00 WIB, tidak membuang sampah di Sungai, Sring dan tempat-tempat lain, yang mengakibatkan tercemarnya air dan bisa menimbulkan banjir di musim hujan,” serunya.

Lebih jauh Dadang menyebut, bagi Ketua RW/RT yang mempunyai motor sampah, agar secara rutin mengambil sampah warganya masing-masing untuk di buang ke TPA. “Kalu bukan kite ka sape agi, kalu bukan mak ini ka kebile agi, kita akan selalu mengedepankan pendekatan humanis, dengan mengajak masyarakat mencintai dan menjaga lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” harapnya. (Cg09)

Previous Seluruh Pendaki Harus Registrasi
Next Siswa SMKN 2 Buat Hand Sanitizer