Tindak Tegas Usaha tak Berizin


PAGARALAM POS, Lahat – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) kembali menyoroti keberadaan usaha perdagangan yang tidak mengantongi surat izin, atau ilegal di Kabupaten Lahat. Bahkan, pihak YLKI menegaskan sudah seharusnya aparat penegak Peraturan Daerah (Perda), dalam hal ini Dinas Polisi Pamong Praja (Pol PP) menertibkan usaha-usaha ilegal yang hingga kini masih melenggang beraktivitas tersebut. Hal ini seperti dikatakan Ketua YLKI Lahat, Sanderson Syafei.




“Salahsatu usaha perdagangan ilegal yang menjadi sorotan kita, yaitu usaha ritel atau tenant di City Mall Lahat. Hampir semua usaha retail atau tenant yang berada di mal yang sempat tersandung masalah Amdal tersebut, ilegal,” katanya beberapa waktu lalu.




Sambungnya, begitu juga dengan Indomaret yang berada di luar Kecamatan Kota Lahat. Setelah lebih dari dua bulan beroperasional, usaha-usaha tersebut belum juga mengantomgi izin gangguan (HO) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). “Ini jelas mengabaikan surat edaran dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP dan Surat Edaran Sekda Lahat. Seharusnya, aktivitas semua usaha ilegal tersebut dihentikan sementara, sampai mereka mengantongi surat izin,” tegasnya.




Seharusnya kata dia, para pengusaha lebih memilih operasional dahulu, sementara surat izin diurus belakangan. Dirinya mendesak agar Dinas Pol PP dapat segera mengambil tindakan tegas guna menertibkan keberadaan usaha-usaha ilegal yang ada. Ini berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lahat sendiri.




Sementara itu, Kepala Dinas Pol PP, Heri Alkahfi berjanji akan menindaklanjuti hal ini dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas terkait untuk memastikan legalitas perizinan sejumlah usaha, sebagaimana disebutkan YLKI, untuk selanjutnya dilakukan penertiban sesuai dengan mekanisme yang ada. “Kita imbau agar usaha-usaha yang belum mengantongi surat izin, untuk tidak dulu beroperasional, sampai perizinan sudah benar-benar ada,” imbaunya. (mg21/CE-V)

Previous Cetak Hattrick, Kemas 3 Poin Penuh
Next Masih Menunggu PKPU