Tim Gabungan Sidak, Temukan Pestisida Kadaluarsa


PAGARALAM POS, Pagaralam – Tim gabungan dari Dinas Pertanian, bersama Disperindagkop UKM dan PP, Bappeda, Badan Perizinan, didampingi SatPol PP dan aparat Unit Pidsus Polres Pagaralam, mendapati beberapa merek pestisida yang sudah kadaluarsa.




“Beberapa pengecer atau toko pupuk masih ada yang menjual herbisida, insectisida, dan fungisida yang sudah kadaluarsa. Tanggal produksinya menunjukkan di atas lima tahun. Pestisida yang beredar lebih lima tahun memberikan efek buruk terhadap lingkungan, karena kandungan residunya, terutama terhadap tanah,” ujar Kadis Pertanian, Jumaldi Jani, melalui Kabid Sapras, Pengolahan dan Pemasaran, Ade Dwi Darmayanti SP, melalui Kasi Pupuk dan Alsintan, Feri, kemarin.




Dia menyebutkan, produk pestisida tidak boleh dijual jika masa produksinya sudah lebih dari lima tahun. “Pengecer atau toko pupuk bisa melaporkannya kepada pihak distributor untuk ditarik. Hal ini berpedoman UU No.12 thun 1992 tentang budidaya tanaman,” tegas Feri.




Mengenai pestisida oplosan yang dilakukan Sidak ke sejumlah toko pengecer pupuk yang ada di kawasan Pasar Dempo, belum ditemukan. “Berdasarkan data buku pestisida Kementan terdapat ribuan merek pestisida yang diperdagangkan secara legal (resmi, red). Karena jumlahnya banyak, perlu untuk kita monitoring,” katanya. (06/CE-V)

Previous IdaMan Tinggal Menunggu SK
Next Prihatin, Anak Usia 6-7 Tahun Sudah Kenal Seks