Tiga Koperasi Dapat Penghargaan Bupati


Foto : Adi/Pagaralam Pos
SERAHKAN: Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad saat menyerahkan penghargaan kepada tiga koperasi, usai upacara HUT ke-72 Koperasi Nasional di lapangan upacara Pemkab Empat Lawang, Rabu (17/7).

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengapresiasi sejumlah koperasi di Kabupaten Empat Lawang, yang tetap aktif dan dinilai tetap sehat dalam menjalankan kegiatan usahanya.




Sebagai bentuk apresiasi tersebut, Bupati menyampaikan penghargaan kepada tiga koperasi, usai pelaksanaan upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Koperasi Nasional yang digelar di halaman Pemkab Empat Lawang, Rabu (17/7). Koperasi di Kabupaten Empat Lawang yang dinilai sehat dan aktif tersebut antara lain, Koperasi Bina Usaha, Koperasi Bina Sejahtera dan Koperasi Usaha Bersama.




Saat menyampaikan amanat tertulis Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia AAGN Puspayoga, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menyampaikan, tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian di Indonesia tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Dalam konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini.




Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir ini lanjut dia, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya.




Untuk itu, koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya. “Dengan demikian diharapkan gerakan koperasi dapat merangkul generasi millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari totalitas penduduk Indonesia,” sampainya.




Sementara Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan UKM Empat Lawang Kuswinarto mengaku, penghargaan diberikan kepada koperasi yang sebelumnya mendapat penilaian dari pihaknya, dengan ketentuan koperasi aktif, sehat dan tidak mati suri. “Selain turun kelapangan, penilaian dilakukan berdasarkan laporan Rapat Akhir Tahun (RAT), makanya diharapkan semua koperasi aktif, bisa melakukan RAT secara rutin dan melaporkan kepada pihaknya,” pungkasnya. (07)

Previous 44 ASN Lahat Diberi Bingkisan
Next KUA Tugumulyo Fasilitasi Nonmuslim Jadi Muallaf