Tiga Desa Serahkan Berkas ke PPK


Foto: Bernard/LAPOS/jpnn BACA: Tampak anggota PPS Kelurahan Bandar Jaya tengah membacakan rekapitulasi perolehan suara yang diterima tingkat KPPS.
Foto: Bernard/LAPOS/jpnn
BACA: Tampak anggota PPS Kelurahan Bandar Jaya tengah membacakan rekapitulasi perolehan suara yang diterima tingkat KPPS.

LAHAT – Berdasarkan laporan hingga pukul 17.00 WIB, Kamis (10/4) di sekretariatan panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kota Lahat, baru tiga desa saja yang masuk menyerahkan berkas, yakni Desa Ulak Mas 706 DPT, Pagarsari 620 DPT dan Girimulya 777 DPT jadi ada 6 TPS keseluruhannya, demikian dijelaskan Ketua PPK Kota Lahat Heryandi Alfian, didampingi Sekretaris PPK Mukhlis ZM.

“Kita menunggu mereka merekap, masih ada yang harus dipandu juga. Kita bersabar menunggu kehadiran mereka menyerahkan berkas dan kotak suara 24 jam kita tunggu karena juga sudah ada petugas piket masing-masing,” katanya.

Ia menjelaskan, dari total di kota Lahat yang terdapat 75.301 DPT memang terjadi beberapa kekurangan surat suara di beberapa wilayah yakni Desa Manggul, Bengkurat, Kelurahan  Kotabaru, Bandar Agung, RDPJKAt, Pasar Lama, Gunung Gajah. “Masing-masing kurang lebih 1 TPS yang kekurangan surat suara, contohnya di TPS 27 Lapas Klas IIA Lahat di Kelurahan Pasar Lama. Kita sendiri sudah melaporkan namun kondisi memang terjadi juga,” papar Heryandi.

Sementara itu, untuk PPK Pulau Pinang sendiri sudah mengamankan kotak suara yang ada sejak pukul 24.00 WIB Kamis (10/4) dinihari dan ada 9 desa, menitipkan kotak suara namun belum menandatangani berita acara. Mereka masih melengkapi berkas-berkas yang ada. Kesembilan desa tersebut yakni, Desa Perigi, Tanjung Mulak, Pagar Batu, Karang Dalam, Pulau Pinang, Kerung, Muara Cawang, Talang Sawah, Muara Siban yang kotak suaranya dititipkan ke kecamatan sampai saat ini supaya dijaga keamanannya karena dijaga langsung oleh polisi. Sementara belum ada laporan dari PPK dan PPS lainnya sebab memang dalam penghitungan dan perekapan terjadi hingga larut malam.

“Kami memang sampai tengah malam saja belum selesai menghitung, karena 4 yang di periksa DPRD kabupaten dan provinsi, DPR RI, lalu DPD, salah sedikit kami harus mengulang kembali. Apalagi merekapnya jelas belum selesai, target malam, Kamis (10/4) sudah ke PPK diserahklan,” jelas salah seorang anggota PPS yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, Samsurizal Nusir, melalui Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas, Dahnis SE menyampaikan, jadwal sendiri dari tanggal 10 April sampai 15 April dijadwalkan perekapan di tingkat PPS, dilanjutklan pada tanggal 13 April hingga 17 April  merekap ditingkat PPK. Untuk tingkat KPU dijadwalkan merekapnya antara tanggal 19 April hingga 21 April mendatang.

“Harapannya tidak meleset dari jadwal, sekarang kepada masing-masing kecamatan segera menyampaikan formulir C dan C1 serta lampiran formulir C1. Isinya tentang berita acara pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dan mencatat sertifikat dan rincian penghitungan perolehan suara di TPS,” terangnya.

Ia mengungkapkan, yang sudah menyerahkan saat ini di KPU sendiri, yakni Kecamatan Gumay Ulu baru ada 7 TPS, Kikim Tengah ada 18 TPS, Merapi Barat 47 TPS, Pulau Pinang baru 27 TPS sementara Tanjung Tebat baru saja datang pada pukul 17.30 ini. “Belum diperiksa ada berapa TPS yang menyerahkan formulir tersebut. Kita perkirakan tiap PPK akan menerima hasil rekap paling banyak mulai malam nanti, begitu juga yang di KPU ini,” tegas Dahnis. (23/jpnn/CE-V)

 

Previous 4 Caleg dari 4 Partai Laporkan Kecurangan KPPS
Next KB Vasektomi Kurang Peminat