THR ASN Pemprov Sumsel Sebanyak 64 Miliar, Gaji ke-13 Dicairkan Juli untuk Kebutuhan Sekolah


Foto: Reza/Pagaralam Pos
Kepala BPKAD Pemprov Sumsel Ahmad Mukhlis

PAGARALAM POS, Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan anggaran sebesar Rp64 Miliar, guna menunaikan kewajiban Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) di lingkungan Pemprov Sumsel.




Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Sumsel, Ahmad Mukhlis. Mukhlis mengatakan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) maka Pemda tinggal menindaklanjuti dimana THR tahun ini dibayarakan tidak hanya dalam bentuk gaji pokok, tetapi juga termasuk tunjangan yang melekat pada gaji diluar tunjangan beras, seperti kinerja, keluarga dan anak. “Besaran yang disiapkan sendiri jumlahnya hampir sama dengan nilai gaji yang dibayarkan tiap bulan, sekitar Rp64 Miliar,” kata Mukhlis, Sabtu (26/5).




Mukhlis menjelaskan, THR tersebut akan diberikan kepada sekitar 7 ribu lebih ASN di lingkungan Pemprov Sumsel termasuk tenaga guru. Saat ini, pihaknya tengah menyiapkan kajian kepada pimpinan terkait proses pencairan THR tersebut. “Kemungkinan paling lambat Juni sudah mulai dicairkan,” ujarnya.




Untuk gaji ke-13, lanjut Mukhlis, kemungkinan akan dicairkan bersamaan dengan gaji pada Juli, sebab sesuai dengan imbauan Menteri Keuangan gaji ke-13, agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah di masa tahun ajaran baru.




“Sifatnya, nanti tergantung dari pengajuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Namun, mekanismenya nanti bisa juga BPKAD akan mengingatkan kepada OPD untuk segera mempersiapkan kebutuhan daftar gaji tersebut,” ungkapnya.




Mukhlis menambahkan, selain dari pada ASN, honorer biasanya juga akan diberikan semacam insentif tambahan. Hanya saja, kebijakan terkait hal itu sepenuhnya dikembalikan kepada kebijakan Pemda masing-masing. “Biasanya memang nanti ada semacam kebijakan dari pimpinan daerah untuk penghasilan tambahan kepada honorer ini,” pungkasnya. (Reza)

Previous Dukung Pilkada Damai, 9 Ball Tournament Jadikan Ajang Asah Keterampilan
Next Cintai Al-Qur’an Sejak Kecil, 200 Lebih Peserta Ambil Bagian di Gebyar Ramadhan 1439 H