THR ASN Dicairkan 15 Mei


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang tetap akan membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’ tahun ini.

Hanya saja, menyusul penjelasan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, kemungkinan Pemkab Empat Lawang hanya akan memberikan THR kepada ASN eselon III ke bawah, sementara untuk para pejabat eselon II tidak akan dibayarkan.Tak cuma itu saja, Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang juga tidak mendapatkan THR di tahun ini. Hal ini dibenarkan langsung oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Empat Lawang, M Daud saat dikonfirmasi oleh wartawan, kemarin.

Pihaknya kata Daud, sudah mendapat informasi seputar rencana pemerintah untuk tidak membayarkan THR kepada pejabat eselon II dan eselon I serta pejabat negara. Hanya saja pihaknya masih menunggu petunjuk teknis untuk pembayaran THR tersebut.
“Menteri Keuangan RI menyatakan THR akan tetap dibayarkan kepada ASN, TNI, Polri. Hanya memang ada penegasan bahwa untuk pejabat seperti Bupati, Wakil Bupati, dan pejabat esselon II yaitu dari Sekda, Staf Ahli, Asisten dan seluruh Kepala OPD tahun ini tidak menerima THR. Namun yang menerima THR di tahun ini dari eselon III dan IV serta seluruh staf ASN,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk besaran yang diterima oleh pegawai ASN tentunya sudah diatur melalui PP 24 tahun 2020. “Untuk besarannya sesuai dengan PP 24 tahun 2020. Sedangkan jumlah anggaran dana yang akan kita keluarkan untuk membayar THR ASN Pemkab Empat Lawang ini lebih kurang ada Rp13 Miliar,” ungkapnya.

Masih kata Daud, tidak akan dibayarkan THR bagi pejabat dan para ASN eselon I dan II, merupakan konsekuensi dari upaya pemerintah untuk memfokuskan belanja negara untuk menangani dampak penyebaran pandemi virus corona. “THR yang diberikan kepada ASN Pemkab Empat Lawang tersebut tidak ada potongan sama sekali. Akan dibayar sesuai dengan PP 24 tahun 2020,” tegasnya.

Untuk pencairannya sendiri, lanjut Daud akan dicairkan pada 15 Mei 2020 mendatang. “Insya Allah, THR ASN Pemkab Empat Lawang akan dicairkan pada 15 Mei 2020. Dan mudah-mudahan dengan adanya THR ASN ini dapat meringankan beban para ASN di Empat Lawang terutama di masa pandemi Covid-19,” ucapnya. (Ac07/CE-V)

Previous Guntur Butuh Uluran Tangan
Next GTPP Covid-19 Salurkan Bantuan Sembako