Tersangka Masjid Divonis Lebih Ringan


PAGARALAM POS, Pagaralam – Majelis Hakim pada persidangan di Pengadilan Tipidkor Palembang, kemarin (7/5), memvonis hukuman para tersangka korupsi pembangunan rumah ibadah (masjid, red) lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Terdakwa dimaksud, mantan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja YH, HF selaku PPK dan AJ, berperan sebagai PPTK divonis hukuman 1 tahun penjara, sedangkan dua pihak kontraktor, yakni LA dan TF dihukum selama 1,5 tahun penjara.

“Untuk keputusan (vonis) memang lebih ringan dari tuntutan JPU. Vonis Majelis Hakim, kelima terdakwa dikenakan denda masing-masing Rp50 juta atau subsider 4 bulan. Sementara pemborong dikenakan uang pengganti kerugian negara sekitar Rp376 juta atau subsider 8 bulan penjara,” ujar Kajari Pagaralam, Ranu Indra SH, melalui Kasi Intel, Syahril Siregar, didampingi Kasi Datun, Herman SH, kemarin.

Mengenai vonis ditetapkan Majelis Hakim pada persidangan tindak pidana korupsi yang digelar tersebut, tidak adanya keberatan dari para terdakwa. “Keputusan Hakim diterima para terdakwa dan tidak ada upaya hukum banding,” tegas Syahril seraya mengatakan, usai sidang para terdakwa ditahan di Rutan Palembang.

Disinggung bakal menyeret pejabat atau atasan para tersangka, jawab Siregar, untuk sementara ini belum mengarah kepada tersangka lain. “Penetapan tersangka tidak menutup kemungkinan akan bertambah,” jawabnya singkat.

Sekedar mengingatkan, tindakan penyelewengan dana pembangunan rumah ibadah yang menelan anggaran APBD Kota Pagaralam tahun 2013 sekitar Rp5,19 miliar lebih, dengan indikasi kerugian negara setelah audit BPKP sekitar Rp376 juta. Tiga bangunan masjid yang bermasalah, kondisinya saat ini terlihat terbengkalai. Yakni berlokasi di lapangan Alun-Alun Selatan, Kelurahan Nendagung, dengan dana sekitar Rp2,19 miliar, termasuk di kawasan Simpang Tanjung Cermin dan di kawasan Simpang Padang Karet, masing-masing menelan anggaran mencapai sekitar Rp490 juta. (06/CE-V)

Previous 20 Finalis Maju ke Grand Final BGP
Next Tambah Stasiun dan Pemancar Seismograf