Terapkan Teknologi Pertanian Salibu


PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemerintah Kota Pagaralam akan menerapkan teknologi pertanian salibu untuk dikembangkan di budidaya padi sawah. Inovasi teknologi salibu pada budidaya padi sawah dikatakan Walikota Pagaralam dr. Hj. Ida Fitriati Mkes, memiliki banyak manfaat, terutama memajukan sektor pertanian, sehingga bisa menyejahterakan petani.

Teknologi salibu dikatakan Ida, diklaim meningkatkan produktivitas padi, adanya penghematan biaya produksi dari sisi pengelolaan tanah dan benih, selain itu meningkatkan pendapatan petani. “Teknologi Salibu jika berhasil dapat menunjang swasembada beras berkelanjutan,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jumaldi Jani menambahkan, jika ditinjau dari aspek teknis, teknologi salibu mudah diaplikasikan. Wilayah adaptasi luas, ramah lingkungan dan meningkatkan produktivitas. Sedangkan ditinjau dari aspek ekonomi, biaya produksi rendah, hingga mampu meningkatkan pendapatan petani sebesar Rp.20 – 25 juta/ha/tahun. “Saat ini, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan petani Dusun Mingkik tengah melakukan ujicoba inovasi teknologi salibu pada budidaya padi sawah di lahan seluas 15×20 meter persegi. Manfaat inovasi teknologi salibu mampu menghemat benih, hemat air dan hemat tenaga kerja, serta ramah lingkungan,” pungkasnya. (08/CE-V)

 

Previous Kinerja PPL Belum Ada Aksi dan Hasil Nyata
Next Waspadai 130 Daftar Obat Batuk di Pasaran