Temukan Tiga Jenis Batu Akik Khas Pagaralam


PAGARALAM POS, Pagaralam – Ekspedisi yang dilakukan Komunitas Pecinta Akik (Kompak) Pagaralam berbuah manis. Mereka berhasil menemukan tiga jenis batu akik (gemstone) khas Pagaralam, yang diklaim ketiga jenis batu akik ini sempurna. Tak kalah dengan batu dari daerah lain, bahkan dengan red rafflesia sekalipun. Ketiga jenis batu akik itu adalah Lematang Dempo, Batu Raje Mendare dan Batu Fosil.

Ketua Umum Kompak Malisi melalui Bidang Humas Hendri menuturkan, tiga jenis batu akik itu diberi nama sesuai dengan lokasi awal penemuannya. Tujuannya, adalah agar lokasi tersebut agar ikut dikenal luas. “Batu Lematang Dempo, ditemukan di daerah ulu Sungai Lematang. Batu Raje Mendare ditemukan di kawasan Rimba Candi Dempo Tengah. Khusus untuk batu fosil, kita temukan merata di hampir wilayah Pagaralam,” terangnya, kemarin (19/1).

Hendri menyatakan, Batu Raje Mendare memiliki warna beraneka ragam. Mulai dari hitam, kuning, merah, putih, hijau, dan biru. “Kalau sudah jadi, cincinnya memiliki pancaran warna khas,” imbuhnya.

Ditambakan owner Scooter Stone Eko Imam Fatoni, dari tiga jenis batu tersebut Lematang Dempo memiliki tingkat kekristalan sempurna. Makanya, Lematang Dempo termasuk bebatuan jenis chalcedony. “Saat disinari cahaya, batu Lematang Dempo mengeluarkan cahaya terang. Red rafflesia kalah jauh,” tegasnya sembari menunjukkan batu Lematang Dempo. (11)

Previous Ratusan Botol Miras Disita
Next Bongkar Bangunan Di-deadline Februari 2015