Temukan Olahan Daging Mengandung Formalin


Foto: reza/Pagaralam Pos
SIDAK: Tim Sidak yang di ketuai Nariman Kiptiah SP MM, ketikan sedang mengambil sempel daging giling di pasar Padang Selasa Palembang.

PAGARALAM POS, Palembang – Badan Ketahanan Pangan dan Perternakan Provinsi Sumatera Selatan bersama Tim gabungan dari Kepolisian, Pol PP Provinsi Sumsel, dan Balai Karantina Ikan kelas II Provinsi Sumsel, berhasil menemukan produk bahan olahan daging, yang positif mengandung formalin, ketika melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) di PD Pasar Jaya, Pasar Padang Selasa Kecamatan Ilir Barat I, Jum’at (2/6).




Tim Sidak yang di pimpin oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamaan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Nariman Kiptiah SP MM, menemukan satu sempel bahan olahan daging, yang positif mengandung formalin dari 5 sampel yang diuji oleh pihaknya.




Diantara Ikan giling Kakap, Ikan giling Gabus, Sayur Sawi, Bawang, dan Ayam yang menjadi sempel pengujian, Ikam Giling Kakap kedapatan positif menggunakan formalin. “Ya, hanya ikan giling kakap pada salahsatu pedagang ikan giling ini saja, yang kedapatan mengandung formalin. Sisanya aman aman saja,” ujarnya.




Lebih lanjut, untuk tindakan yang akan diambil diungkapkan Nariman, pihaknya masih tahap pengawasan dan pembinaan kepada pihak pedagang yang menjual bahan pangan yang mengandung formalin. “Kita juga meminta untuk tidak menjual lagi barang tersebut, dan kami juga telah meminta untuk memusnahkan barang tersebut,” ungkapnya.




Ia juga mengimbau kepada masyarakat, untuk berhati-hati dalam membeli bahan pangan. Dikarenakan ada beberapa makanan yang perlu diwaspadai, karena mengadung bahan berbahaya. “Kita mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati, ketika membeli makanan seperti mie dijual per-Kg yang mengandung formalin, pilihlah mie yang memang cepat rusak. Kalau mie yang cepat rusak, dia tidak gunakan formalin,” imbuhnya. (Reza)

Previous Hermanto, Pastikan Diri Serius Nyalon Walikota
Next Pelunasan BPIH Rampung