Temukan Kasus TBC Diganjar Reward


PAGARALAM POS, Pagaralam – Berbagai cara Dinas Kesehatan Kota Pagaralam untuk membebaskan Kota Pagaralam dari TBC. Jika menemukan kasus TBC dan positif setelah dilakukan pemeriksaan dahak atau BTA, maka masyarakat akan diberikan reward Rp.100.000.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam Roshan YM, melalui Kepala Seksi (Kasi) pengendali Penyakit Jon Sapril Eduarsah mengatakan, saat ini masyarakat masih malu dan terus menyembunyikan diri jika terkena penyakit TBC.

Padahal, mereka yang terkena TBC ini tidak perlu dikucilkan, karena bisa sembuh. Untuk itulah, keluarga terdekat atau masyarakat yang bisa mengantarkan pasien TBC untuk berobat akan diberikan reward Rp.100.000. “Kita akan memberikan reward bagi mereka yang menemukan dan mengantarkan warga yang terkena TBC. Apalagi reward ini sudah dianggarkan tersendiri dan disahkan oleh DPRD Kota Pagaralam,” terangnya.

Menurut dia, untuk Kota Pagaralam sendiri sebenarnya memiliki kelembaban tinggi. Untuk itulah, bisa jadi Kota Pagaralam sangat banyak virus TB Paru. “Terpenting, masyarakat harus menjaga lingkungan tempat tinggal selalu bersih. Dengan begitu, berbagai serangan penyakit dapat terhindar,” imbaunya.

Jika positif terkena TBC, tambahnya, maka pasien harus rutin mengonsumsi obat enam bulan terus-menerus tanpa terputus satu haripun. Jika terputus, pengobatan harus diulang dari awal. Kemudian, jika pengobatan enam bulan tidak sembuh, akan dilanjutkan satu tahun mengonsumsi obat.

Sementara itu, Walikota Pagaralam dr. Hj. Ida Fitriati Mkes mengatakan, pasien yang terkena virus ini harus rutin mengonsumsi obat yang tersedia di Puskesmas dan RSUD Besemah. (06/CE-V)

Previous Seluruh Parpol Tuntaskan LDK
Next Ditemukan Kasus Kusta di Muara Siban