Tempayan Kubur Ribuan Tahun


PAGARALAM POS, Pagaralam – Temuan benda-benda bersejarah di Kota Pagaralam, seperti tak ada habisnya. Kemarin, tim arkeolog dari Balai Arkeologi (Balar) Sumsel menemukan tempayan kubur, diduga berumur ribuan tahun.




Tempayan kubur itu ditemukan persis di halaman samping rumah Didit Rosyadi, Dusun Ujan Mas, Kelurahan Jangkar Mas, kecamatan Dempo Utara. Tempayan ditemukan di tanah dengan kedalaman 110 cm. “Kami menemukan fragmen atau pecahan-pecahan tempayan,” ujar Kepala Tim Ekskavasi Kristantina Indriastuti, di sela-sela ekskavasi.




Menurut Kristantina, tempayan tersebut berfungsi sebagai wadah untuk bekal orang yang meninggal. Lazimnya disebut tempayan kubur. Kristantina belum bisa memastikan umur tempayan kubur yang ditemukan. “Kemungkinan besar pada abad 9-10 masehi atau sekitar 1000 tahun,” terang Kristantina.




Kristantina menduga, lokasi tempayan kubur tersebut, dulunya merupakan kompleks pemakaman kuno. Alasannya kata dia, berdasarkan cerita warga setempat, di lokasi ini, pernah ditemukan lima tempayan kubur. Ada juga yang menemukan tutup tempayan.




“Kalau di sini adalah lokasi pemakaman. Maka, di Tegur Wangi itu, lokasi pemujaan. Tinggal kita sekarang mencari lokasi pemukiman penduduknya yang biasanya dekat dengan sumber air,” sebut Kristantina. (11)

Foto : Pidi/Pagaralam Pos
MEGALITIK : Tim Balar Sumsel melakukan ekskavasi di dusun Ujan Mas, kemarin
Previous Masih Puluhan Benda Bersejarah Tertimbun
Next Ungkap Kasus Meresahkan