Tembok Penahan Tanjung Beringin Ambruk


Foto : Adi/Pagaralam Pos
ROBOH : Kondisi tembok penahan aliran Sungai MUSI yang roboh akibat hujan deras, Kamis (21/11).

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Tembok Penahan Sungai Musi di Tanjung Beringin Lama, Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, ambruk sepanjang Empat Meter. Amburknya tembok tersebut, diakibatkan hujan deras yang mengguyur Tebing Tinggi dan sekitarnya.

Asnawi warga Tanjung Beringin mengatakan, kalau tembok tersebut pernah roboh sekitar tahun 2012 yang lalu. “Tembok yang lama itu pernah roboh 2012 lalu, dibangun lagi, sekarang roboh lagi. Tidak ada pondasinya, bangunan ini cuma nempel saja, seperti asal dibangun,” kata Asnawi.
Dijelaskannya, pada saat roboh tahun 2012 lalu, tembok tersebut dibangun tiga tingkat. “Pertama yang roboh tingkat satu, nah terus semalam tingkat duanya yang roboh. Ini kalau tidak cepat diperbaiki, tembok ini akan roboh lagi, sebab sudah retak semua, kemungkinan tingkat satu juga roboh,” jelasnya.




Warga lainnya Puyi mengungkapkan, jika tembok tersebut tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan akan roboh lebih parah lagi. Sebab bangunan tersebut tidak terlalu kuat, karena tidak ada pondasinya. “Adonan materialnya juga kurang sesuai, tidak bagus bangunan tembok penahan ini. Kemudian, mestinya pondasi di tanam di dalam tanah, baru di semen, supaya lebih kuat,” jelasnya.

Sementara itu Lurah Pasar Perlu Yuliyansah mengungkapkan, kalau dirinya sudah mengetahui tembok penahan Sungai Musi di Tanjung Beringin Lama roboh tersebut. “Ya kita sudah tahu, ada warga kita yang melapor, katanya tembok penahan sungai Musi di Tanjung Beringin itu roboh. Ini akan segera kita laporkan ke Dinas PU, dan kepada warga di Tanjung Beringin Lama, harus berhati-hati karena sekarang lagi musim hujan,” Imbuhnya.

Terpisah Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang Kuswinarto mengaku, sudah menurunkan staf untuk turun kelapangan, selanjutnya dibahas dan diajukan perbaikan. “Insya Allah, secepatnya kita ajukan, karena ini sifatnya darurat,” pungkasnya. (07)

Previous Warga Prabu Menang Pinta Kejelasan Uang Santunan
Next Orgil Teror Wanita Lahat Akhirnya Diamankan