Target Dua Tahun Binaan, Muda-Mudi Bisa Mandiri


Foto : Edi/Pagaralam Pos Lele : Para Pemuda saat mengisi air di lokasi pembudidayaan lele sangkuriang di bedeng kresek.
Foto : Edi/Pagaralam Pos
Lele : Para Pemuda saat mengisi air di lokasi pembudidayaan lele sangkuriang di bedeng kresek.

 

PAGARALAM POS, Dempo Makmur – Kemenpora RI, PSP3 (Pemuda, Sarjana, Penggerak Pembangunan Pedesaan), menargetkan sekitar 2 Tahun pembinaan yang dilakukan di Kota Pagaralam sudah bisa menggerakkan muda-mudi untuk belajar mandiri. Salahsatu inisiatif dari Kemenpora RI, adalah mengajak muda-mudi membudidayakan lele sangkuriang, seperti yang dilakukan di Bedeng Kresek, Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara.

Dikatakan Pitus Amarus selaku koordinator PSP3 ketika dikonfirmasi, untuk binaan yang kita berikan di wilayah Kota Pagaralam, sudah berjalan sekitar 5 bulan ini.

“Kami menargetkan kalau binaan yang dimaksud, paling lama 2 tahun untuk menjadikan muda-mudi di Kota Pagaralam bisa bergerak sendiri secara mandiri, tanpa harus ada binaan dari orang lain,” terangnya.

Usaha yang dibinakan pada muda-mudi saat ini adalah pembudidayaan lelesangkuriang, karena dilihat masih sedikit masyarakat Pagaralam yang mengembangkan ikan lele ini, oleh sebab itulah kami berusaha mengajak para pemuda membudidaya lele sangkuriang.

“Untuk pertama kalinya di bedeng kresek ini akan ditebarkan sebanyak 1500 beni lele sangkuriang untuk uji coba, nantinya kalau memang berhasil pada tahapan selanjutnya akan dikembangkan lebih banyak lagi, dua atau tiga kali lipat dari jumlah yang sekarang,” terangnya.

Lanjutnya, diharapkan Pemerintah Kota Pagaralam bisa memperhatikan pengembangan budidaya ikan lele sangkuriang ini, serta usaha yang lain yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Pagaralam kedepan, supaya lebih maju dari sebelumnya.

Sementara itu Lurah Dempo Makmur Haryono SE mengatakan, kami menyambut baik kelompok sarjana masuk Desa untuk membina para pemuda yang ada di kelurahan, karena melalui kegiatan seperti inilah muda-mudi kedepan mempunyai inisiatif, untuk mandiri dengan membuka lapangan usaha sendiri, baik budidaya lele sangkuriang seperti yang diajarkan ini maupun usaha yang lainnya. (10)

Previous Waspadai Sumbangan Berkedok Pembangunan Masjid !
Next Harga Karet Anjlok, Kopi Meroket