Tangguh di Empat Aspek


foto: net

CIKARANG – Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Fakhri Husaini menunjukkan keseriusannya dalam membentuk skuatnya. Ia pun tak asal-asalan dalam memilih pemain. Ada beberapa standar yang sudah ditetapkan Fakhri, untuk menentukan pemain mana saja yang layak terpilih. Dan, standar yang dibuat hampir sama ketika ia membesut Timnas U-16.




Dalam memilih pemain, Fakhri tidak hanya melihat kemampuan individunya. Sebab, ada beberapa aspek yang harus dipenuhi setiap pemain, agar bisa memikat hati pelatih asal Lhokseumawe tersebut. “Kriterianya enggak beda dengan yang saya terapkan, ketika mencari pemain untuk Timnas U-16. Mereka harus hebat, kuat, tangguh di empat aspek, yaitu fisik, teknik, taktik, dan mental. Enggak ada yang lain, itu saja,|sebut Fakhri.




Lebih lanjut, Fakhri menegaskan, tidak akan memandang pemain dari segi pengalaman ataupun klub yang diperkuatnya saat ini. Makanya, menurutnya, standar ini sangat membuka kesempatan bagi setiap pemain untuk terpilih. “Saya enggak lihat mereka dari klubnya atau daerahnya atau warna kulitnya apa. Kalau mereka terpilih, itu karena mereka memang baik di empat aspek tersebut, jadi semua pemain punya kesempatan yang sama untuk bisa lolos,” ucapnya




Fakhri berharap, hingga akhir seleksi tahap pertama pada 28 April mendatang, para pemain sudah dapat menunjukkan kapasitasnya. “Saya sudah punya catatan minimal 11 pemain dari sini. Tapi, tentu saya ingin lebih dan berharap bisa mendapat 22 pemain atau 30 pemain. Saya masih punya waktu sampai tanggal 30 untuk menentukan,” tambahnya.




Timnas U-19 sedang mempersiapakan diri tampil di dua ajang pada 2019 ini. Terdekat, Timnas U-19 akan berlaga di Piala AFF U-19 di Vietnam pada 5-18 Agustus 2019. Setelah itu, Garuda Nusantara bakal turun di Kualifikasi Piala Asia U-19 pada September-Oktober 2019. (net)

Previous Jelang Puasa, Hati-hati Pengedar ‘Upal’ Mulai Berkeliaran
Next Harus Lakukan 3 Syarat