Tambang Ilegal Harus Ditindak Tegas


RAPAT : Suasana rapat terbuka yang di gelar DPRD Muratara.

PAGARALAM POS, Muratara – Komisi lII Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar rapat terbuka. Membahas terkait keruhnya air Sungai Rupit dan air Sungai Rawas, karena ada dugaan aktivitas penambangan emas ilegal yang beroperasi, sehingga menjadi keluhan masyarakat banyak.
Dalam Rapat tersebut dihadiri langsung Ketua DPRD Muratara Efriansyah, S.Sos, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Zulkifli beserta Staf, Kepala Dinas Pendidikan Sukamto, Kepala Satpol PP Firdaus, beserta Anggota Komisi III DPRD Muratara.
DPRD Komisi lll Muratara, Yudi Nugraha menyampaikan, bahwa saat ini pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya air sungai Rupit dan air Sungai Rawas menjadi keruh. Menurutnya, berdasarkan sedikit informasi yang didapatkan, bahwa keruhnya air tersebut akibat adanya aktivitas yang dilakukan di hulu sungai. “Kita harus segera membuat tim untuk melihat ke lokasi, kalau ditemukan kegiatan penambangan ilegal atau menggunakan alat berat, berarti ini ada bos pemilik usaha yang melakukan penambangan ilegal,” katanya.
Kepala DLHP Muratara Zulkifli melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Pentaatan Lingkungan Hidup (PPLH) Indrayani membenarkan apa yang dikatakan Komisi III DPRD Muratara, yakni untuk membuktikan kebenaran tentang adanya tambang emas ilegal yang beroperasi, maka pihaknya akan membentuk tim untuk melihat langsung di lokasi. “Untuk mendapatkan kejelasan informasi, kita harus langsung ke TKP, kita akan segera membentuk tim. Dan di lokasi sendiri kita bisa melihat dan memastikan tentang regulasi izin pada penambang tersebut,” ujarnya.(Vil23/Mg01)

Previous 115 Masyarakat Terdampak Covid-19 Terima Paket Sembako
Next Gaji Buruh Naik