Tambah Ramai Ketika Libur


RAMAI: Wisatawan membeli buah-buahan yang di sebuah lapak pinggir Jalan Pagaralam-Tanjung Sakti, Dusun Gunung Agung Pauh beberapa waktu lalu.

PAGARALAM POS, Pagaralam- Di Kecamatan Dempo Utara banyak terdapat objek wisata yang berbasis alam dan pertanian. Di antaranya adalah Green Paradise di Dusun Sukarami Kelurahan Muara Siban, Oziel Garden di Dusun Cawang Baru Kelurahan Rebah Tinggi. Tak ketinggalan kebun jeruk gergah di Langur Indah Kelurahan Agung Lawangan. Begitu musim libur tiba, lokasi ini diramaikan pengunjung.

Bahkan menjelang akhir Desember 2020 lalu kebun jeruk gergah di Langur Indah dan Green Paradise dikunjungi Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru. Deru memberikan apresiasinya. “Masyarakat Pagaralam pandai mengelola potensi,”ujar Deru. Hal ini Deru melanjutkan, membuat ekonomi masyarakat Pagaralam relatif terjaga meski ada pandemi Covid-19. “Kuncinya adalah kekompakan antara masyarakat dengan pemerintah,”tambah dia.

Rusi Risuadi ST, pengelola kebun jeruk gergah di Langur Indah mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan cukup tinggi. Mereka katanya, umumnya datang ketika musim libur tiba. Bertepatan juga dengan musim panen jeruk. Hal ini menambah semangat petani untuk terus membudidayakan jeruk. “Selain jeruk, kita juga menanam buah-buah lain. Seperti jambu kristal,”ucapnya.

Selain di kebun, tak sedikit warga yang berjualan di pinggir jalan Pagaralam-Tanjung Sakti. Mereka pun ‘keciptran’ rejeki lantaran banyak wisatawan yang singgah untuk berbelanja.
(pid11/Mg01)

Previous Jangan Sampai Masyarakat Ragu
Next Luas Hutan Berkurang