Tak Kuat Nanjak, Truk Masuk Jurang


Foto : Vilkodri/Pagaralam Pos
MASUK JURANG : Tampak truck pengangkut pelaminan yang masuk jurang, akibat tidak kuat najak

PAGARALAM POS, Muratara – Tidak kuat naik tanjakan, Truk Diesel pengangkut peralatan resepsi pengantin (pelaminan), masuk ke jurang di wilayah Desa Pulau Kidak, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).
Truk tersebut diketahui, dari acara hajatan di salah satu Desa, Kecamatan Ulu Rawas, yang hendak pulang ke Kecamatan Rawas Ulu. Beruntung sopir truck tidak mengalami cidera, dan kini badan truk sudah dievakuasi.

Dikatakan Muhayan, warga sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP), bahwa kecelakaan tunggal itu terjadi diakibatkan oleh kondisi jalan berlobang dan longsor yang tak kunjung diperbaiki. “Kecelakaan ini salah satu dampak dari jalan longsor yang tak kunjung diperbaiki. Padahal kita sudah mengusul kepada Pemerintah terkait, agar kerusakan segera diperbaiki. Kalau tidak, ini bisa memakan korban berikutnya,” kata Muhayan.

Terpisah Camat Ulu Rawas, Muhtaredi, saat dikonfirmasi membenarkan adanya sebuah Truk Diesel yang masuk ke jurang tersebut. Ia mengatakan bahwa, badan truck tersebut saat ini sudah dievakuasi. “Iya, benar kecelakaan itu memang ada, saat ini mobilnya sudah dievakuasi,” kata Muhtaredi.

Lanjutnya membantah, bahwa truk itu masuk kejurang bukan disebabkan oleh jalan berlobang. Namun truk itu masuk jurang diduga karena sopir truk mengantuk atau truk mengalami rem blong. Sebab truk melaju turun dari atas tanjakan dan masuk jurang di samping kanan jalan, bukan terperosok dalam lobang jalan.”Itu bohong kalau dibilang karena jalan longsor, dari fotonya saja bisa dilihat apa penyebabnya. Bagaimana bisa dibilang karena lobang, itu truknya di luar jalur, dia turun dari atas, mungkin remnya blong, atau sopirnya ngantuk,” ujar Muhtaredi.

Muhtaredi menegaskan, adapun lobang jalan yang ada, itupun belum pernah mengakibatkan kecelakaan. Dan kerusakan pada jalan itu juga pada saat ini sudah diusulkan ke Pemkab Muratara agar diperbaiki. Dan rencananya akan diperbaiki pada tahun ini. “Yang pastinya, saya pribadi dan masyarakat lainnya juga melintasi jalan itu, dan tidak terjadi apa-apa, lobang itu kelihatan dari atas tanjakan dan jalan itu juga masih luas, kalau lobangnya sudah kita usulkan, mudah-mudahan diperbaiki tahun ini,” pungkasnya. (Vil23)

Previous Dedi Irawan Gumay (Anggota F-PKS DPRD Pagaralam) : Politik Adalah Alat Perjuangan
Next Ratusan Kepsek di Lahat Diganti