Tabur Ratusan Bibit Hijaukan Dempo


PAGARALAM POS, Pagaralam –  Pemerintah Kota Pagaralam, bekerjasama dengan TNI dan masyarakat umum, termasuk pencinta alam melakukan penanaman ratusan kilogram biji berbagai jenis tanaman penghijauan lereng Gunung Dempo. Berbagai jenis biji-bijian, seperti durian, nangka, cempedak, mangga, mahoni, salak dan berbagai jenis biji pohon lainnya yang dikumpulkan dari seluruh siswa sekolah di Kota Pagaralam.

Penaburan bijian penghijauan ini dilepas langsung Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati bersama Muspida di dua lokasi, yaitu Tugu Rimau dan Kampung IV Gunung Dempo, diketinggian antara 1700 hingga 1900 dpl. “Penaburan berbagai biji buah-buahan dalam berbagai jenis ini, untuk menambah koleksi pohon di lereng Gunung Dempo yang banyak rusak atau gundul akibat kebakaran dan longsor. Tehnis penamanan, langsung ditabur disepanjang jalur pendakian dan menggunakan ketapel untuk menjangkau lokasi kebakaran dan longsor,” ujar Ida.

Sementara itu Kepala Dishutbun, Ir Sarbani mengatakan, ada sekitar 1.000 kg biji-bijian yang berhasil dikumpulkan dari sisiwa sekolah yang ada di Kota Pagaralam, mulai dari SD hingga SMA. “Biji-bijian ini kita kumpulkan di dua titik lokasi pendakian yaitu Tuggu Rimau dan Kampung IV Gunung Dempo, sebagian sudah ditaburkan petugas yang sudah dilepas Sabtu (30/1) kemarin,” katanya.

Sedangkan sisanya, kata Sarbani, akan diberikan kepada setiap pendaki untuk membantu menaburkannya pada saat pendakian nantinya. “Sudah sekitar 500 kg lebih biji yang sudah berhasil ditabur, baik dilakukan petugas dan masyarakat lainnya dalam dua hari kemarin,” ujarnya. (06/09)

Previous Berikan Bekal Dunia dan Akhirat
Next Sukseskan Sensus Ekonomi Tahun 2016