Syaratnya Daki Puncak Dempo


PAGARALAM POS, Pagaralam – Menaiki puncak Gunung Dempo Kota Pagaralam, bakal dijadikan tradisi penerimaan tentara baru, sebagai sahnya menempati kesatuan baru, khususnya masuk Korem Garuda Dempo (Gapo) Kodam II Sriwijaya.

“Kegiatan pendakian ke puncak Dempo bagi prajurit baru, akan diagendakan rutin yang dilaksanakan Korem Garuda Dempo. Pasalnya setiap prajurit TNI yang menempati kesatuan atau tempat dinas baru akan diperkenalkan dengan penanaman nilai-nilai perjuangan satuan yang ditempatinya, sehingga dapat dijadikan kebanggaan. “Sesuai dengan namanya Korem Garuda Dempo, maka dari itu prajurit harus lebih mengenal Gunung Dempo serta kawasan sekitarnya yang memiliki puncak tertinggi di Sumsel ada di Kota Pagaralam,” ujar Dandim 0405 Lahat, Letkol CZI Sri Hartono, melalui Perwira Penghubung (Pabung), Mayor Heribertus belum lama ini.

Dijelaskan Pabung, masalah waktunya, masih tahap koordinasi, diawali dengan survey jalur menuju puncak  yang memiliki dua alternative jalur pendakian, Kampung IV dan dari puncak rimau. “Diharapkan melalui tradisi ini, dapat menumbuhkan kecintaan tanah air dan kebanggaan, disiplin jiwa keprajuritan yang sehat patriotisme dan pengakuan terhadap kesatuan. Selain itu mencintai alam, melatih kekuatan fisik dan mental, sehingga tidak mudah membuat pelanggaran yang dapat merusak nama baik TNI, karena memasuki kesatuan tidaklah mudah. “Dampak positifnya tradisi ini, pendaki atau oknum-oknum yang mempunyai niat merusak lingkungan akan takut, sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga,” pungkasnya. (08)

Previous Menelusuri Awal Tradisi Ngupi di Pagaralam
Next Wako MoU GCP dan Scopi