Syahril, Terpidana Money Politik Akhirnya Ditahan


Foto : Ist For Pagaralam Pos
DIAMANKAN : Syahril Efendi, terpidana kasus money politik, telah diamankan ketika hendak memasuki Lapas Kelas II A Lahat, Rabu (6/2).

PAGARALAM POS, Lahat – Syahril Efendi, terpidana kasus money politik (politik uang, red) yang sebelumnya sempat buron. Akhirnya berhasil diamankan oleh pihak Kejaksaan Negeri Lahat. Persis di kediamannya di Desa Sukajadi Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat.




Syahril diburu pihak Kejari Lahat, setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Lahat, menyatakan bersalah. Terbukti telah membagikan sejumlah uang kepada warga, dan meminta agar warga memilih salah satu Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Pilkada Lahat 27 Juni 2018 silam. Dengan tuntutan, 36 bulan kurungan penjara. “Terpidana kita eksekusi tanpa perlawanan, sekitar pukul 16.00 WIB tadi, saat sedang makan di kediamannya,” terang Kejari Lahat, Jaka Suparna SH MH, melalui Kasi Intel Bani Ginting SH, didampingi Kasi Pidum Variska AK, Rabu (6/2), sekitar pukul 20.30 WIB.




Variska membeberkan, Syahril dinyatakan buron setelah pihaknya melakukan upaya pemanggilan hingga ke 3 kali. Usai menerima salinan incrach (Vonis Sidang) banding, dari Pengadilan Tinggi Palembang. Dimana hasilnya, tidak mengubah hasil putusan sidang di PN Lahat. Yakni hukuman 3 tahun kurungan penjara. “Selama ini bukannya tidak bergerak, dia (Syahril, red) sudah kabur, saat kita mau eksekusi usai pemanggilan ke tiga. Kita memang melakukan pencarian dengan cara senyap, agar yang bersangkutan pulang dulu ke rumah,” jelas ucap Variska.




Sebelumnya, Syahril dinyatakan bersalah, terjerat Pasal 187 A ayat (1) UU No10 Tahun 2016, tentang Perubahan Kedua atas UU No 01 Tahun 2015, tentang Penetapan Peraturan Pemerintah. Pengganti UU No 01 Tahun 2014, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang –Undang. “Kesehatannya sudah kita periksa, sebelum kita masukkan ke Lapas Kelas II A Lahat. Untuk masyarakat, terima kasih sudah memberikan infomasi tentang keberadaan terpidana ini,” sampainya. (mg02)

Previous Dibangun MCK Plus, Warga Besemah Serasan Tak Lagi Kesulitan Air Bersih
Next Baru Lima Sekolah Siap UNBK