Suplai Air ke Masyarakat Harus Tetap Bersih


Foto: Rendi/Pagaralam Pos SUNGAI LEMATANG: Terlihat keruhnya air yang berada sungai Lematang, saat musim penghujan yang melanda Kabupaten Lahat, kemarin.
Foto: Rendi/Pagaralam Pos
SUNGAI LEMATANG: Terlihat keruhnya air yang berada sungai Lematang, saat musim penghujan yang melanda Kabupaten Lahat, kemarin.

PAGARALAM POS, Lahat – Seringnya hujan yang melanda wilayah sekitar Kabupaten Lahat, membuat air di Sungai Lematang keruh. Karena itulah, PDAM Tirta Lematang Kabupaten Lahat harus bekerja ekstra mengolah air sungai Lematang yang keruh untuk mensuplai air bersih kepada masyarakat di Kabupaten Lahat.

Kepala Bidang Teknik PDAM Tirta Lematang, Hermasnyah BSc mengatakan, sebelum musim penghujan seperti sekarang ini PDAM Tirta Lematang biasanya hanya menghabiskan sekitar 300 kilogram tawas untuk mengolah air di Sungai Lematang menjadi air bersih. Untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat di Kabupaten Lahat. Tetapi saat ini bisa menghabiskan 600 kg tawas untuk mengolah air sungai Lematang yang keruh menjadi air bersih.

“Ya, kita harus menambah jumlah tawas untuk mengolah air Lematang, agar air yang kita distribusikan kepada masyarakat, khususnya Lahat, bisa bersih walaupun tidak seperti seperti biasanya,” ujarnya kemarin.

Tambah Hermansyah, untuk sekarang pihaknya masih bisa mengatasi keruhnya air di sungai Lematang untuk diolah menjadi air bersih, tidak sebening waktu di musim-musim sebelumnya, karena hujan sekarang ini sudah hampir mengguyur seluruh daerah di Kabupaten Lahat.

“Jadi sekarang masih bisa kita olah, hanya yang dikhawatirkan di musim hujan sekarang air di sungai Lematang pasang. Karena mesin pompa PDAM Tirta Lematang terletak di pinggir sungai Lematang, jadi saat ini mesin mesin terus kita jaga, jangan sampai terendam oleh air lagi,” ungkapnya.

Lanjut Hermansyah, pihaknya akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Lahat, sehingga masyarakat di Kabupaten Lahat tidak kekurangan air bersih saat musim hujan seperti sekarang ini, bebernya. (mg21/CE-V)

Previous Warga GTP Kejar Safa’at di Hari Akhir
Next BBM Turun, Harga Beras Naik