Sumber Daya Manusia Kepariwisataan Minim


PAGARALAM POS, Pagaralam – Sungguh miris. Meski Kota Pagaralam notabene sebagai kota destinasi atau tujuan utama pariwisata di Sumsel hingga Mancanegara, hingga saat ini masih minim Sumber Daya Aparatur dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Kepariwisataan.

“Promosi mengenai potensi kepariwisataan yang ada di Kota Pagaralam ke masyarakat luar masih kurang. Selain itu, pembangunan kepariwisataan harusnya difokuskan pada satu wilayah tertentu, termasuk sarana dan prasarana penunjang masih perlu pembenahan dan penataan secara terpadu,” ungkap Komisi II DPRD Pagaralam, disampaikan Armansyah, kemarin.

Jika Pagaralam ingin dikenal luas, harusnya kata dia promosi digencarkan dengan keikutsertaan berbagai iven kepariwisataan yang digelar, baik lokal hingga Nasional, bila perlu tingkat Internasional.

Terkait hal ini, Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Mkes, melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam, Samsul Bahri mengakui Sumber Daya Aparatur dan Sumber Daya Manusia dibidang kepariwisataan masih minim. “Untuk pemenuhan kebutuhan skill sumber daya aparatur akan mengirimkan pelatihan-pelatihan khusus bagi pegawai di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam. Sementara bagi sumber daya manusia diberikan pembinaan secara berkelanjutan di bidang kepariwistaan,” jawabnya.

Mengenai promosi potensi pariwisata di Kota Pagaralam, sejauh ini Pemerintah Kota Pagaralam telah rutin mengikuti berbagai iven kepariwisataan, baik ditingkat Nasional hingga Mancanegara. (08)

Previous Berikan Tantangan Lebih Asyik
Next Titik Pemindahan Tiang Listrik Dipetakan