Sukses Kumpulkan 72 Ribu KTP-el, H Wijaya Siap Maju Pilkada Palembang


Foto: Reza/Pagaralam Pos
Balon Walikota Palembang H Wijaya

PAGARALAM POS, Palembang – Salahsatu Calon Bakal (Balon) Walikota Palembang, H Wijaya hingga Juli 2017 sudah mengumpulkan 72 ribu berupa Kartu Identitas Penduduk elektronik (KTP-E) dukungan bagi dirinya yang positif maju di jalur independen. Hal tersebut diungkapkan, H Wijaya didampingi Ketua Tim Pemenangan, Firdaus, di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (31/07) sore. “Lebih dari 72 ribu KTP-e sudah dikumpulkan, sebagai bentuk dukungan,” katanya.




Jumlah ini, sambung Firdaus, pihaknya akan menggenapi persyaratan dari KPU, bagi Calon Walikota dari jalur Independen. “72 ribu lembar KTP-el tersebut posisi per tutup buku pada Juli lalu (2017, red). Kami akan menggenapinya hingga 91 ribu dukungan, dalam bentuk KTP-el,” katanya.




Bahkan, pihaknya akan berusaha mencapai dukungan lebih dari batasan KPU bagi calon independen, mengingat akan ada verifikasi lagi oleh KPU terhadap KTP-el yang dibukukan. “Kita berusaha hingga 100 ribu dukungan dalam bentuk KTP-el, kita akan genapi itu,” semangat Wijaya.




Perjuangan mengumpulkan dukungan KTP-el tersebut, dirinya dan tim pemenangan dilakukan sejak tahun lalu. Menurut Wijaya, pengumpulan KTP-el ini, dilakukan sejak kami menyatakan bersedia maju bersaing di Pilkada Kota Palembang. “Saya bersama tim sudah mengumpulkan dukungan sejak 1 tahun lalu, pertengahan 2016. Orang terdekatlah menjadi tim pemenangan, melalui sosialisasi prestasi yang dilakukan,” katanya.




Selain itu, pengumpulan KTP-el untuk maju dalam pilwako Palembang, dilaksanakan sejak ada dukungan korps dari rekan-rekan tempatnya bekerja, termasuk beberapa pejabat di Kota Palembang. Sejak itu, diakui Wijaya, mulai bergerak untuk melihat elektabilitas di masyarakat.




Meski demikian, diakuinya, pengumpulan KTP-el ini dilakukan secara silent, karena ada beberapa hal yang mencoba menghalanginya. Namun, mepetnya batas waktu penyerahan dukungan sebagai Calon Wako Palembang, ia tetap optimis.
Seperti diketahui, di Oktober mendatang, merupakan batas untuk penyerahan KTP-el ke KPU bagi calon yang akan maju dijalur independen. “Insha Allah, di Oktober 2017 ini, jumlah KTP-el dukungan sudah terkumpul,” ungkap H Wijaya.




Batas 91 ribu KTP-el untuk calon independen, juga merupakan peraturan dari KPU. Awalnya, pihaknya mengira jumlah KTP-el dibutuhkan hanya 80 ribu lebih lembar saja, mengacu pada peraturan jumlah daftar pemilih tetap atau DPT di pemilu kepala daerah 2013 lalu. Namun, jumlah DPT pilkada sebelumnya, berjumlah 1.148.000 DPT, mengalami kenaikan menjadi 1.400.000 DPT untuk pilkada di 2018. Artinya, kata dia, 6,5 persen dari jumlah DPT yakni 91 ribu lembar KTP-el. (Reza)

Previous Polres – PWI Fokus Cari Pasien Operasi Bibir Sumbing
Next Optimis Realisasi PKB dan BBNKB Tercapai