STTP Gelar Desiminasi Pemetaan Risiko Bencana Tanah Longsor


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
MITIGASI: Tim Dosen peneliti STTP serahkan peta risiko bahaya tanah longsor, dalam desiminasi hasil penelitian pemetaan risiko bencana longsor.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam (STTP) gelar desiminasi hasil penelitian, bertajuk ‘Pemetaan risiko bencana tanah longsor, sebagai upaya mitigasi di Kota Pagaralam,’ bertempat di ruang perkuliahan Mahasiswa STTP, Selasa (21/1). “Tujuan diadakan penelitian, menganalisis sebaran bahaya, kerentanan dan kapasistas bencana tanah longsor, dalam wilayah Kota Pagaralam,” ungkap Ketua Yayasan Pagaralam Karudin SE MM melalui Dosen Peneliti STTP Alfahira Dinata ST MT didampingi Fameira Dhiniati ST MT.

Manfaat dari penelitian itu sendiri, dikatakan Alfahira, dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, mengenai daerah berisiko terhadap bencana tanah longsor, untuk kegiatan mitigasi dan sumbangsih ilmu pengetahuan. “Untuk penelitian pemetaan risiko bencana tanah longsor. Setidaknya, ada empat hal penting dalam mitigasi bencana, yaitu tersedia informasi dan peta kawasan rawan bencana, untuk tiap jenis bencana, sosialisasi meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, dalam menghdapi bencana, karena bermukim di daerah rawan bencana,” ujarnya.



Selain itu, tambah Alfahira, bisa mengetahui apa yang perlu dilakukan dan dihindari, serta megetahui cara penyelamatan diri jika bencana terjadi, terakhir pengaturan dan juga penataan kawasan rawan bencana, untuk mengurangi ancaman bencana. “Dari hasil analisis dan pembahasan, kapasitas bencana tanah longsor terdapat di 16 kelurahan, yang memiliki kapasitas rendah dan 19 kelurahan memiliki kapasitas sedang. Kita juga berharap ada penelitian lebih lanjut, mengenai kajian bencana hidrometerologi di Kota Pagaralam secara komprehensif, sehingga dapat memberikan informasi, mengenai kebencanaan guna untuk pengelolaan dan mitigas bencana,” harapnya. (Cg09)

Previous Gotong Royong Bangun Jembatan Sementara
Next Perangkat Desa, Operator dan Kader Dilantik