Songket Bumi Agung Rambah Pasar Palembang


PAGARALAM POS, Pagaralam – Jika ingin membeli kain songket, tak perlu jauh-jauh datang ke Kota Palembang. Pasalnya, di Kota Pagaralam kain fenomenal ini bisa didapatkan. Tempatnya, di Dusun Bumi Agung, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara. Di dusun ini, terdapat warga yang menenun kain songket Palembang. Market songket ini ternyata sudah sudah merambah pasar Palembang.

Kualitas kain songket asal Dusun Bumi Agung menarik perhatian Ketua TPPKK Kota Pagaralam Monica Meirizca Novirzah Skom bersama dengan pengurus TPPKK dan BPMK Provinsi Sumsel, dengan mengunjungi kediaman Mardalena, si pengrajin songket. “Kualitas songket ini sangat bagus,” ucap Monic seraya menambahkan ini harus didukung, karena kerajinan yang memiliki prospek cerah.

Sementara, Mardalena pengrajin songket, menuturkan, songket yang dihasilkan banyak dijual ke Palembang. “Di sini (Pagaralam) peminatnya sedikit. Makanya, kita jual ke Palembang. Pasarnya bagus. Kebetulan, kita punya link di Palembang. Per potongnya, songket Bumi Agung dibanderol Rp 1.250.000. Diharapkan pengrajin seperti kami ini mendapatkan perhatian, sehingga usaha kecil bisa berkembang pesat,” harapnya. (11/CE-V)

Previous Kaki Gunung Dempo Dihiasi Tulisan Besemah
Next Gerakan Peduli Lingkungan Jangan Simbol Semata