Soal APK, KPU ‘Angkat Tangan’, Caleg Buat Dewek


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak memfasilitas pembuatan Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye para Calon Anggota Legislatif (Caleg). Bila ingin, para Caleg diminta buat dewek.




“Anggaran untuk memfasilitasi itu (APK dan BK) tidak ada. Baik itu APBD maupun APBN,” ucap Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Irfan Amd, kemarin (27/8).




Irfan menyebutkan, kalaupun difasilitasi, dana yang tersedia pasti tidak akan mencukupi untuk mengcover APK dan BK seluruh Caleg. Ia mencontohkan di Pagaralam dengan jumlah Caleg sebanyak 337 orang, maka sebanyak itu pula APK dan BK yang mesti dibuat KPU.




Karena itu, Qori melanjutkan, bagi para Caleg yang ingin kampanye menggunakan APK dan BK, dipersilahkan untuk menggunakan dana sendiri maupun dari partai politik pengusung. KPU akunya, tidak akan melarang Caleg yang membuat dan memasang APK maupun BK. “Tapi, syaratnya bentuk, ukuran serta pemasangannya mesti sesuai dengan aturan KPU,” tuturnya.




Irfan menjelaskan, aturan mengenai APK dan BK dimuat dalam Peraturan KPU RI Nomor 23 tahun 2018 Tentang Kampanye. Dalam peraturan ini, katanya, terdapat rincian mengenai APK dan BK. Untuk BK misalnya dicontohkannya, ada ketentuan yang mengatur bahan dan nilai BK bila dikonversikan dalam mata uang. “Untuk BK, kalau dikonversikan dalam dalam uang itu tak boleh melebihi Rp 60 ribu,” urai Irfan. (11)

Previous Bappebti: Produksi Kopi Pagaralam Capai 77.000 Ton/Tahun
Next 1 September Bisa Dilalui, Endikat Makin Kokoh dan Aman Dilintasi