Situs Megalit Masih jadi Favorit Warga


Foto: Pidi/Pagaralam Pos BERSEJARAH: Imbauan dari juru pelihara (Jupel) situs megalit Tegur Wangi, agar para pengunjung menjaga kebersihan.
Foto: Pidi/Pagaralam Pos
BERSEJARAH: Imbauan dari juru pelihara (Jupel) situs megalit Tegur Wangi, agar para pengunjung menjaga kebersihan.

PAGARALAM POS, Pagar Wangi – Soal objek wisata, Kota Pagaralam adalah ‘gudangnya’. Banyak objek wisata tersebar di kota di kaki dempo ini. Situs megalit Tegur Wangi Lama, kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara adalah satu diantaranya. Setiap hari, utamanya saat hari libur, situs berisi arca dan kubur batu ini, ramai dikunjungi orang.

Seperti kemarin, (2/8), meskipun sudah siang, terlihat masih banyak pengunjung yang datang ke situs yang berada di tepi jalan Pagaralam – Tanjung Sakti itu. Umumnya, para pengunjung itu berasal dari kalangan anak muda. Tak hanya melihat-lihat, mereka juga mengabadikan kunjungan mereka dengan cara foto-foto. Tak hanya itu. Area persawahan yang berada dekat dengan situs juga menjadi pemandangan menarik bagi para pengunjung.

Dea (16), salahseorang pengunjung mengaku sering datang ke situs Tegur Wangi Lama. Sebabnya, situs itu menurut dia, memiliki lokasi yang strategis plus masih alami. “Ketika datang ke sini, rasanya nyaman,” akunya sembari tersenyum. Kemarin, Dea tak sendiri. Dia datang bersama dengan rekan-rekannya. “Kebetulan sedang libur. Kan hari minggu. Jadi, sayang jika tidak jalan-jalan,” ujar Fia, salahseorang rekan Dea.

Sementara itu, kebersihan situs megalit tegur wangi lama ternyata sangat diperhatikan oleh juru pelihara (Jupel). Itu terlihat dari imbauannya agar para pengunjung menjaga kebersihan lingkungan situs. Imbauan ini diletakkan tak jauh dari pintu masuk situs.

Saat dibincangi Pagaralam Pos beberapa waktu lalu, A Rivai, petugas BP3 Jambi menjelaskan, situs megalit memang harus terus dijaga dan dirawat kebersihannya. Setiap pengunjung juga diharapkan untuk mengisi daftar hadir yang dipegang oleh Jupel.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam Samsul Bahri mengungkapkan, kunjungan wisatawan ke Kota Pagaralam secara bertahap terus mengalami peningkatan, pasalnya berbagai objek wisata menarik bisa dijumpai para pengunjung tidak hanya disuguhkan panorama alam tetapi objek wisata megalit, air terjun, agrowisata dan lainnya. (06/11/CE-V)

Previous Hujan Sebentar, Belasan Rumah Terendam
Next Kerinjing ‘Pikat’ Warga Luar Pagaralam