Siswa Usia 15 – 16 Tahun Entri Data e-KTP


PAGARALAM POS, Pagaralam – Mempermudah pengentrian data elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pagaralam saat ini melakukan program pengentrian data siswa SMA sederajat yang telah memasuki usia 15 – 16 tahun di Kota Pagaralam.

Kadisdukcapil Kota Pagaralam M. Rasyidi, melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Surono mengatakan, untuk mempermudah pembuatan e-KTP bagi anak didik setelah usianya genap 17 tahun ke atas, petugas Dukcapil dari sekarang melakukan perekaman dan entri data siswa berusia 15 – 16 tahun.

“Program baru kita jalankan ini, guna menindaklanjuti instruksi dari Kementerian dalam Negeri yang diberlakukan di seluruh Indonesia, untuk mempermudah pengentrian data wajib KTP. Karena dengan diberlakukannya program ini, tentu siswa juga akan terbantu untuk pembuatan e-KTP nanti, karena ketika siswa sudah 17 tahun tidak perlu lagi untuk melakukan pengentrian data, sebab data mereka yang diambil Dukcapil saat ini sudah disimpam, sehingga tinggal tahapan akhir pencetakan identitasnya menjadi e-KTP,” terangnya.

Menurutnya, jika di lapangan ditemukan ada siswa yang usianya sudah 17 tahun ke atas, tetapi belum memiliki e-KTP, pihak Dukcapil langsung menyarankan kepada siswa yang bersangkutan datang ke kecamatan tempat tinggalnya masing-masing, untuk mengentri data di sana, supaya datanya bisa langsung masuk ke server pusat.

Sementara itu, Kepala SMK PGRI Kota Pagaralam Guntur Pramono SPd menyambut baik kegiatan dilakukan Dukcapil di Sekolah ini, mengingat seluruh generasi penerus belajar di sekolah ini, mau tidak mau nanti harus mempunyai identitas resmi setelah umurnya masuk 17 tahun ke atas. “Pengentrian data saat ini berlangsung, cukup membantu siswa dalam hal pembuatan e-KTP ketika tamat Sekolah atau usianya sudah mencukupi persyaratan, untuk bisa memiliki kartu identitas kependudukan,” jelasnya. (10/CE-V)

Previous 2015, Guru SD Wajib S1
Next Cegah Kebocoran, 16 Desember Soal Dibagikan