Simbol Persatuan PA, Kibarkan Merah Putih di Ketinggian 90 Meter


Foto: Ist/Pagaralam Pos

MERAH PUTIH: Anggota Sispala dan KPA di Kota Pagaralam, gelar upacara pengibaran bendera merah putih di kawasan objek wisata Churup Embun.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019. Salahsatunya, dilakukan Sispala Gapala 04 SMA Negeri 4 Pagaralam Rujukan/Zonasi Kota Pagaralam, Mapala Kompas STKIP Muhammadiyah Pagaralam dan KPA Delta Pagaralam, menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-74 tahun di salahsatu air terjun Cughuo Embun Pagaralam.

Di upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, gabungan Pecinta Alam (PA) berasal dari Sispala, Mapala dan KPA itu melakukan pengibaran bendera merah putih berukuran  panjang tujuh Meter dan lebar empat meter, yang berarti melambangkan HUT RI ke-74. Pengibaran diikuti perwakilan dari tiap-tiap organisasi, sebab sebagian anggota dikirim mengikuti kegiatan pengibaran dilokasi yang berbeda.

Pengibaran bendera Merah Putih ini dilakukan setelah waktu dzuhur yang sebenarnya ditargetkan berkibar saat detik-detik proklamasi. Tidak mudah membentangkan bendera ini, karena ukurannya yang tidak lazim dan menggunakan teknik rappelling dan Single Rope Tehnique diketinggian lebih kurang 90 meter, dengan guyuran air terjun yang dingin.

Petugas pengibar bendera adalah Yoga Perwakilan Gapala 04 dan Aldi dari KPA Delta. Sementara pemimpin upacara adalah Elsa Oktari dari Mapala Kompas. Selain bendera juga membentangkan kain spanduk berwarna merah putih bertuliskan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74, Indonesia Unggul, NKRI Harga Mati serta nama ketiga organisasi tersebut.

Pembina upacara, Inoel Purna Mapala Kompas STKIP Muhammadiyah Kota Pagaralam mengatakan, pengibaran bendera merah putih ini merupakan simbol persatuan dan kesatuan antar PA, menanamkan rasa cinta tanah air dikalangan PA dan juga generasi muda, serta perwujudan nyata dari kode etik PA. “Semoga ini menjadi motivasi dan lebih berprestasi lagi untuk setiap anggotanya,” harapnya.

Sementara itu, Pembina Gapala 04 Muhammad Ikhwan Hs  menerangkan, bahwa ide pengibaran bendera ini, muncul saat bincang-bincang ketiga organisasi PA di Sekretariat Mapala Kompas STKIP Muhammadiyah. “Kegiatan gabungan serupa dengan format berbeda juga akan dilaksanakan di Hari Sumpah Pemuda tahun ini,” pungkasnya. (09)

Previous Kursi Anggota Dewan Banyak Kosong
Next Kemarau Panjang, Kodim 0406 Gelar Sholat Istisqa'