Siapkan Langkah Penanganan Bencana


PAGARALAM POS, Pagaralam – Berbagai langkah strategis disiapkan Pemerintah Kota Pagaralam dalam memaksimalkan penanganan kebencanaan, sebagai daerah berpotensi terjadinya bencana gunung meletus, banjir dan tanah longsor.




Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH mengatakan, terjadinya bencana alam sama sekali tidak bisa dipredkisi sebelumnya. Sejauh ini, kondisi kekinian Gunung Api Dempo secara teori dinilai aman. Berdasarkan sejarah kejadian erupsi, sudah sejak lama perubahannya tidak begitu drastis, aktifitasnya cukup stabil dibanding gunung merapi lainnya. “Insya Allah, Pagaralam siap menghadapi bencana yang terjadi sewaktu waktu,” ungkap Alpian.




Diakuinya, hasil kunjungan ke Pos Pemantauan Gunung Api Dempo untuk kesiapan sarana dan prasarana peralatan kegempaan cukup baik, termasuk petugas pemantauan jumlahnya cukup dan stanbay 24 jam. Selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, menginfomasikan aktifitas terkini Gunung Dempo. “Semoga kondisi Gunung Api Dempo tetap aman dan tidak terjadi erupsi,” ucapnya.




Selain itu kata Kak Pian, mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir, longsor dan pohon tumbang di titik rawan bencana, Pemkot telah menyiapkan sejumlah alat berat beserta petugas yang siap langsung terjun dilapangan. “Pagaralam daerah rawan longsor, kita telah menyiapkan armada alat berat di beberapa titik rawan bencana. Ditargetkan 30 menit sudah sampai lokasi bencana,” tegasnya. (08)

Previous Kepetangan, Sampah Tertinggal
Next Blue Light Minimalisir Aksi Kejahatan