Siapkan Dua Lokasi Evakuasi


PAGARALAM POS, Pagaralam – Masih belum turunnya status Gunung Api Dempo (GAD) di level 2 atau waspada, membuat Pemkot Pagaralam dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siaga 24 jam. Bahkan sudah menyiapkan 2 lokasi evakuasi untuk warga, jika sewaktu-waktu Gunung Api Dempo terus mengalami peningkatan aktivitas.

“Kita sudah menyiapkan lokasi evakuasi di daerah Kecamatan Dempo Tengah dan Dempo Selatan. Jaraknya sekitar 10 km dari pusat Gunung Api Dempo,” tegas Kepala BPBD Kota Pagaralam Herawadi SSos seraya mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pos Pemantau dan Tim SAR. Pihaknya juga kata Herawadi, tetap menyiagakan personel dan perlengkan bencana, seperti kendaraan lapangan dan lainnya. “Kita berharap tidak terjadi apa-apa,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Pagaralam, dr. Hj. Ida Fitriati MKes, melalui Kabag Umum dan Perlengkapan, Drs. Marjohan MPd mengungkapkan, pihaknya juga telah menyiagakan seluruh bus Pemkot Pagaralam. “Kita telah menyiagakan seluruh bus milik Pemerintah Daerah, jika sewaktu-waktu diperlukan untuk melakukan evakuasi,” ujarnya.

Sementara di lain sisi, untuk aktivitas kegempaan mengalami penurunan dari sebelumnya. Meski demikian, masyarakat harus tetap sadar bencana, mengingat kondisi kekinian GAD yang tidak bisa ditebak (fluktuaktif).

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Pusat Mitigasi Bencana Geologi dan Vulkanologi, Mulyadi menuturkan, saat ini kegempaan mengalami penurunan. Ini diketahui berdasarkan alat seismograf di Pos Pemantau, Kelurahan Dempo Makmur. “Kegempaan mengalami penurunan, hanya mencatat hembusan. Namun, untuk status Gunung Api Dempo masih tetap waspada,” imbau Mulyadi. (08/CE-V)

Previous Pendakian Ditutup
Next 182 Casis Polri Tandatangani Fakta Integritas