Siapkan 1,5 M Untuk Bangun 10 Kantor Desa


Foto : Adi/Pagaralam Pos
BERIKAN ARAHAN : Kepala DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki, ketika memberikan arahan

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, akan membangun 10 Kantor Desa di Kabupaten Empat Lawang. Setiap pembangunan Kantor Desa disediakan anggaran sebanyak Rp150 juta, artinya total senilai Rp 1.5 M.

Oleh karena itu, bagi Desa yang ingin memiliki Kantor Desa, segera sediakan lahan hibah untuk pembangunan Kantor Desa tersebut, dan segera sampaikan proposal berikut bukti lahan hibah yang telah disediakan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki mengatakan, penyediaan lahan hibah untuk pembangunan Kantor Desa tersebut penting, sebagai bahan pertimbangan apakah layak Desa tersebut dibangun Kantor Desa atau tidak. “Jadi, ada disediakan anggaran pembangunan Kantor Desa. Bagi Kades yang ingin memiliki Kantor Desa yang bagus, segera sediakan lahan hibahnya dan ajukanlah proposal, pada tahun 2019 ini juga,” ungkap Agus.




Proposal dan bukti ada lahan hibahnya itu jelas Agus, disampaikan ke Camat. “Nanti Camat yang memverifikasi proposal yang masuk, mana yang layak dibangun Kantor Desa atau belum. Yang layak nanti Camat yang akan bawa proposalnya ke Kabupaten,” katanya.

Disampaikannya, untuk 2019 ini ada dua Desa yang menjadi Desa binaan agar menjadi Desa Mandiri. Salah satunya di Tebing Tinggi yakni Desa Terusan Baru. Pembinaan desa tersebut dilakukan secara bersama lintas sektoral.
“Untuk bidang ekonomi misalnya, itu ditangani Dinas Koperasi dan untuk bidang pariwisata itu dilakukan Dinas Pariwisata. Jadi maksudnya, pembinaan terhadap Desa binaan itu, dilakukan OPD secara bersama-sama,” urainya.

Tujuan dilakukannya pembinaan pada Desa binaan itu, agar desa tersebut menjadi lebih maju dan menjadi percontohan bagi Desa lain di Empat Lawang. “DPMDP3A Empat Lawang sudah mengawali dengan dibantu Staf Khusus Bupati Empat Lawang, bapak Ir Suharli,” akunya. (07)

Previous Underpass Lahat Kembali Tergenang
Next Jika Peduli, Wilayah Tidak Akan Bermasalah