Siapkan 1.080 Persil Prona


PAGARALAM POS, Pagaralam – Upaya masyarakat untuk mendapatkan sertifikat pada tahun 2015 terbuka lebar. Pasalnya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pagaralam menyiapkan 1.080 persil sertifikat melalui program Prona.

Kepala BPN Kota Pagaralam, Zulfikar Z mengatakan, jika masyarakat berminat silakan mendaftarkan diri untuk segera didata. “Sertifikat tanah merupakan bukti kuat hak. Jadi, mutlak perlu sekali dan dibutuhkan masyarakat,” terangnya.

Persyaratan Prona harus dilengkapi masyarakat dan pihaknya kata Zulfikar, tidak satu sen pun memungut biaya Prona. Hal ini harus ditegaskan karena tidak ada biaya, kalau ada staf memungut biaya, pihaknya berjanji segalanya akan diproses dan di-BAP. “Dahulu masyarakat yang datang ke pertanahan ngeri, angker dan sekarang tidak lagi. Akan kita tindak mereka yang nakal, karena semua sangat dipermudah,” tegasnya.

Pembuatan sertifikat ada tiga tahap, yaitu tingkat dasar, PBB, tanah jual beli, BPHTB jika ada, sporadik. Sebab, kalau tanah Rp.60 juta ke atas dikenakan biaya BPHTB, kalau di bawah Rp.60 juta, nihil. “Untuk biaya BPHTB akan dikenakan biaya 5% setelah dikurangi Rp.60 juta,” paparnya. (06/CE-V)

Previous Musi Triboatton Diikuti 7 Negara Resmi Dibuka
Next Kapolda : Terlibat Pengedar Narkoba, Anggota Dipecat!