Siaga Bencana, BPBD Siapkan Enam Armada


Foto : Adi/Pagaralam Pos
CEK KESIAPAN : Bupati Empat Lawang, ketika mengecek sejumlah peralatan untuk penanggulangan bencana.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Siaga bencana, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menyiapkan sedikitnya enam armada. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kuswinarto usai gelar apel pasukan siaga bencana di lapangan Pemkab Empat Lawang, kemarin.

Menurutnya, ada sekitar 500 pasukan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP siaga bencana, kemudian enam armada. “Armada juga ada yang bisa untuk mengangkut logistik, mobil dapur, dan ada pula enam armada pemadam kebakaran,” imbuhnya.




Sementara Bupati Empat Lawang mengatakan, apel gelar pasukan siaga bencana ini sangat penting dilaksanakan, karena dari sini kita dapat melihat dan mengevaluasi sampai sejauhmana kesiap siagaan kita dalam mengevakuasi penanggulangan bencana dan memberi pertolongan atas terjadinya bencana, baik persiapan SDM maupun sarana dan prasarana yang digunakan,” kata Joncik.

Menurutnya, berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG ,cuaca ekstrim dan musim hujan seperti saat ini diperkirakan sampai dengan bulan April 2020, tetapi puncaknya diperkirakan sampai dengan pertengahan bulan Maret 2020 mendatang. “Sebagai gambaran, bulan Januari 2020 memasuki awal tahun, sudah terjadi banjir dan longsor di beberapa Daerah di Kabupaten Empat Lawang, yang menyebabkan terhambatnya beberapa layanan umum akses jalan terganggu, rumah masyarakat terendam, sawah rusak, jembatan putus,” jelasnya.




Untuk itu Joncik meminta semua stakeholder yang terkait untuk selalu siap siaga untuk menanggapi dan menanggulangi bencana alam, serta mengajak seluruh lapisan masyarakat Empat Lawang, untuk selalu waspada dan siap siaga, kemungkinan terjadinya bencana. “Bencana alam terjadi memang diluar kendali kita, namun sikap kita menghadapi musibah itulah yang menjadi kendali kita, kita bisa menentukan apa dan bagaimana sikap kita. Untuk itu diperlukan mental dan fisik yang kuat untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi,” katanya.

Untuk diketahui Apel siaga bencana dipimpin langsung Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, acara diawali dengan pemeriksaan pasukan dan peralatan yang ada, dengan didampingi Kapolres Empat Lawang, Kejari Empat Lawang dan Danramil Tebing Tinggi. (Ac07)

Previous Alasan "Solidaritas" Yoga Rela Tusuk Yansyah
Next Tiga Pos Pam Nataru Diganjar Penghargaan