Sesalkan Ketidakaktifkan Sekolah di Festival Antar Sanggar


Foto: Edi/Pagaralam Pos  BERI ARAHAN: Kepala BNN Kota Pagaralam, Sudran Gafar memberikan arahan kepada guru dan siswa SMAN 1 Kota Pagaralam tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba.
Foto: Edi/Pagaralam Pos
BERI ARAHAN: Kepala BNN Kota Pagaralam, Sudran Gafar memberikan arahan kepada guru dan siswa SMAN 1 Kota Pagaralam tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Minimnya keikutsertaan peserta didik ambil bagian di Festival Antar Sanggar se-Kota Pagaralam tahun 2016 yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pagaralam, turut mengundang keprihatinan dari Asisten II Setdakot Pagaralam, Drs Safrani.

Dengan jumlah peserta utusan sekolah yang relatif lebih sedikit ini, membuat sanggar berada di tingkat sekolah terkesan mati suri. “Dari laporan Kepala Disbudpar Kota Pagaralam, Drs Samsul Bahri Burlian, untuk peserta dari tingkat SMP hanya ada 1 perwakilan yakni SMP Negeri 2 Kota Pagaralam,” sesal Safran.

Lanjut Safran, sebelumnya pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagaralam, pihaknya meminta kepada pihak sekolah agar dapat mengaktifkan lagi sanggar di sekolah, karena bila sampai tidak ada sama saja artinya sanggar seni itu mati suri.

“Dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) tidak hanya soal kecerdasan saja, melainkan pula dibutuhkan hal lainnya. Salahsatunya lewat seni. Karena seni tersebut dapat menumbuhkan inovasi dan kreasi,” ungkapnya.

Sementara, Kadisbudpar Kota Pagaralam, Drs Samsul Bahri Burlian dalam sambutannya menyatakan bahwa keikutsertaan pelajar tingkat SMP masih cukup minim sekali. Bahkan dari 10 SMP Negeri di Kota Pagaralam hanya SMP Negeri 2 Kota Pagaralam mengirimkan utusan mengikuti ajang ini.

“Harapan kita semula seluruh sekolah. Mulai tingkatan SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi (PT) dapat mengikuti Festival Antar Sanggar se-Kota Pagaralam ini. Tapi pada kenyataannya, untuk tingkat SMP hanya ada SMP Negeri 2 Kota Pagaralam yang mengirimkan utusannya,” ujar Samsul.

Lanjut Samsul, sedangkan untuk tingkat SMA sekolah yang mengirimkan perwakilan ada dari SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMK Muhammadiyah dan MAN Pagaralam. Untuk PT ada dari STIE Lembah Dempo dan peserta Kategori Umum ada dari utusan Polres Pagaralam. (09/CE-V)

Previous Perbaikan tak Kunjung Datang
Next Damri Bukan Saingan, Tetapi Solusi