Serukan Pemuda Berani Laporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
ARAHAN: Tim Bawaslu Provinsi Sumsel memberikan arahan dan penjelasan di hadapan ratusan peserta Bimtek akademi pengawas pemula Pemilu, kemarin.

100 Sahabat Bawaslu Ikuti Bimtek
PAGARALAM POS, Pagaralam – Memberikan pemahaman kepada generasi milenial terhadap suksesi pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 di Kota Pagaralam, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pagaralam menggelar giat akademi pengawas pemula Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.




Giat mengusung tema ‘Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,’ yang berlangsung di Hotel Favour, Selasa (6/11) siang, diikuti sebanyak 100 peserta Sahabat Bawaslu, dengan pemateri dari Kesbangpol, Bawaslu Kota Pagaralam dan Bawaslu Provinsi Sumsel. “Tujuan kita mengadakan giat ini, untuk mensosialisasikan Pileg dan Pilpres di 2019, dengan mengajak pelajar dan mahasiswa agar mereka mengetahui apa Tufoksi dari Bawaslu itu sendiri,” terang Ketua Bawaslu Kota Pagaralam, Edi Budi Ahmadi SE, kemarin.




Dengan keberadaan peserta yang mengikuti Bimtek, kata Edi, diharapkan peranan dari pelajar dan Mahasiswa dapat turut andil di dalam menyukseskan Pileg dan Pilpres. “Kami tak bisa mengawasi seluruh Kecamatan di Pagaralam. Makanya, dengan adanya bantuan pelajar dan Mahasiswa ini, yang kita sebut sahabat Bawaslu, mereka bisa memberikan informasi, baik itu secara lisan maupun tertulis ke Bawaslu, sehingga informasi itu bisa kita tindaklanjuti,” tandasnya.




Sementara, Komisioner Bawaslu Sumatera Selatan, Syamsul Alwi SSosI MSi mengakui, terkait pengawasan partisipatif kepada peserta, bahwa Pemilu ini merupakan tanggungjawab bersama setiap komponen masyarakat, pelajar dan Mahasiswa, harus mempunyai komitmen bersama untuk mewujudkan dan ikut bertanggungjawab terhadap suksesi Pemilu ini. “Caranya, ikut melakukan pengawasan Pemilu dengan memberikan informasi ketika ada dugaan pelanggaran. Ini kan tidak semua orang peduli terhadap Pemilu, maka kita tekankan kepada pemilih pemula agar peduli terhadap Pemilu. Kami juga mengharapkan para pemuda untuk berani melaporkan kalau ada dugaan pelanggaran Pemilu,” pungkasnya. (09/CE-V)

Previous HUT ke 61, Bank SumselBabel Berbagi Kebahagiaan
Next Bedah Rumah Dituntut Swadaya Masyarakat