Seni Budaya Besemah Jangan Sampai Hilang !


PAGARALAM, Pagaralam Pos – Kota Pagaralam kaya akan keragaman seni dan budaya besemah, diantaranya lagu-lagu daerah, tari tradisional seperti tari kebagh, pertunjukan gitar tunggal hingga seni sastra tutur dan banyak lagi. Agar tidak hilang ditelan zaman, sangat perlu dilestarikan sebagai aset sekaligus warisan budaya, sehingga selalu tumbuh subur di tengah masyarakat.

Wakil Walikota Pagaralam, Novirzah SE mengatakan, seni budaya besemah jangan sampai hilang dan berganti dengan budaya luar. Nilai-nilai keraiagaman seni dan budaya Kota Pagaralam perlu dilestarikan dengan berbagai macam upaya, diantaranya melalui momen atau iven-iven tertentu sangat perlu diselipkan pentas seni budaya disela tiap acara yang akan dilaksanakan, baik itu dilingkungan pemerintahan maupun ditengah kegiatan masyarakat. “Upaya ini bertujuan menggugah kembali semangat untuk menjaga dan melestarikan seni budaya besemah, agar tidak mudah pudar dan bergeser oleh kebudayaan luar,” imbaunya.

Sementara itu, tokoh masyarakat sekaligus pemerhati kelestraian seni dan budaya besemah, H A Dimyati Rais mengajak seluruh komponen masyarakat Kota Pagaralam untuk melestarikan seni dan budaya besemah di daerah sendiri, sebagai asset daerah agar tidak tergeser dan terkontaminasi oleh budaya luar, yang saat ini dinilai sudah mulai banyak menggeser seni dan budaya lokal itu sendiri. (08)

Previous Kawasan Puncak Rimau Ditata
Next Merli Hanyut Terbawa Arus Sungai Lematang