Seluruh Peralatan Disiagakan


Foto : Adi/Pagaralam Pos
RAKOR : Suasana Rapat Koordinasi antisipasi dan kesiapsiagaan terhadap bencana

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkungan kerja Pemkab Empat Lawang, yang memiliki peralatan yang memadai dan dapat digunakan saat terjadi bencana, diharapkan dapat menyiapkan peralatan tersebut, untuk digunakan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.
Harapan tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menangani bencana alam angin puting beliung, banjir dan longsor di Kabupaten Empat Lawang, yang dilaksanakan di Kantor BPBD Empat Lawang, Selasa (14/1).

Kepala BPBD Empat Lawang Kuswinarto saat dibincangi wartawan, usai pelaksanaan Rakor yang dipimpin Sekda Empat Lawang H Edison Jaya mengatakan, Rakor itu merupakan tindak lanjut dalam menyikapi surat edaran Gubernur Sumsel, terkait kesiapsiagaan bencana di Sumsel, termasuk di Empat Lawang. “Khususnya peralatan, di BPBD Empat Lawang saat ini kita akui ada kendala peralatan, makanya dalam rapat itu dijelaskan, SKPD yang memiliki peralatan diminta dipersiapkan. Jika sewaktu-waktu ada bencana, kami bisa langsung pinjam alat itu untuk penanggulangan bencana,” kata Kuswinarto.



Dalam Rakor itu juga sebut Kuswinarto, dibahas soal SDM dan pendirian Posko Bencana. Dia menyebut setidaknya ada lima Posko yang harus standby bencana. “Posko induk di Kantor kita (BPBD Empat Lawang, red) dan Posko BPBD Empat Lawang di Kecamatan, yakni di Kecamatan Pendopo, Muara Pinang, Ulu Musi dan Paiker, semuanya kita siagakan,” terang dia. Posko di Kecamatan yang dimaksud jelasnya, Posko Pemadam Kebakaran (Damkar) yang ada. “Semua anggota kita di posko itu kita siagakan dan kita sudah anggap itu adalah Posko Siaga Bencana,” urainya.

Lebih lanjut Kuswinarto mengungkapkan, Rakor itu pada dasarnya untuk mengantisipasi terjadihya bencana, pada musim cuaca ektrem yang saat ini sedang terjadi. “Juga dalam rangka menindaklanjuti surat Gubernur Sumsel dan Kemedagri RI,” tandasnya. (Ac07)

Previous Suasana Desa Karang Anyar Mulai Membaik
Next Kabal PLN Melonggar, 1 Nyawa Melayang