Satu Tahanan Kabur Balik Ke Lapas


Foto : Heru/Pagaralam Pos
SEPI : Gedung Lapas Klas II A Lahat sepi pengunjung, Kamis (3/8).

PAGARALAM POS, Lahat – Satu dari enam tahanan kabur di Lapas Kelas IIA Lahat beberapa waktu lalu, Rabu malam (2/9) akhirnya serahkan diri. Tahanan itu bernama Yadi Agustian (24), warga JL Sentosa Gg Bakti Kelurahan Talang Jawa Lahat.

Kalapas kelas IIA Lahat, Maliki SH membeberkan, pasca kejadian tim langsung bergerak dan berkoordinasi ke tiap sudut Kota, termasuk mendatangi keluarga tahanan dan RT/RW. Hasilnya Yadi Agustian datang bersama keluarganya ke kediamanan Sinaruddin, petugas Lapas untuk menyerahkan diri. “Ya 1 tahanan sudah menyerahkan diri sekitar pukul 21.30 WIB. Yadi Agustian bersama orang tuanya mendatangi petugas kita,” beber Maliki, Kamis (3/9).

Sementara, Sinaruddin, petugas Lapas yang didatangi Yadi dan keluarganya menjelaskan. Yadi dahulu merupakan tetangganya. Sehingga keluarga Yadi berinisiatif mengantarkan Yadi untuk diserahkan. Sementara dari pengakuan Yadi kepadanya, bahwa Yadi awalnya tidak ingin kabur. Namun diancam oleh salah satu tahanan dan akan ditujah. “Memang dari awal tidak mau kabur. Tapi katanya dia diancam dan ingin ditujah oleh tahanan lain. Pengakuannya tahanan atas nama Kevin yang mengajak kabur,” jelas Sinaruddin.

Disisi lain, Firman Syahri,S.IP,MH Kasibinapi/Andik Lapas kelas II A Lahat menambahkan, pihaknya menghimbau kepada keluarga tahanan lain, agar ikut memberikan informasi terkait keberadaan tahanan. “Kami jamin keselamatan saudara. Belajarlah menjadi orang yang bertanggung jawab, jangan sampai meresahkan masyarakat,” ucapnya. (her18)

Previous Polisi Tewas Ditusuk Warga
Next Cegah Karhutbunlah, Siagakan Alat Berat