Satu RT Dimungkinkan Dua TPS


PAGARALAM POS, Pagaralam – Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) rupanya tergantung dengan mata pilih. Makin padat mata pilih di sebuah RT misalnya, jumlah TPS-nya bisa lebih dari satu.




Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Pagaralam divisi logistik, Boy Arcan SE menerangkan, dalam satu RT bisa terdiri dari satu atau dua buah TPS. “Tergantung dengan jumlah mata pilih di RT itu,” ucap Boy, saat dihubungi Pagaralam Pos kemarin (7/3).




Disebutkannya, satu TPS melayani paling banyak 400 mata pilih. Nah, bila mata pilih di satu RT berjumlah lebih dari 400 orang, maka TPS-nya bisa ditambah satu lagi. Sebaliknya, bila mata pilihnya masih atau di bawah 400 orang, TPS-nya hanya ada satu buah. “Kalau RT-nya memang padat, tidak mungkin dilayani satu TPS saja. Untuk itu dimungkinkan untuk ditambah satu TPS lagi,” ulasnya.




Dengan demikian diakui Boy, tiap TPS dapat melayani mata pilih sesuai dengan kapasitas masing-masing. Sehingga, tidak ada pemilih yang antre panjang gara-gara banyaknya mata pilih di dalam TPS.




Adapun untuk lokasi dijelaskan Boy lagi, tergantung dengan keputusan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Yang jelas ditegaskan Boy, TPS tidak boleh berada di kantor pemerintahan, sekolah dan lokasi yang dilarang aturan lainnya. “Kalau ada bengkel yang luas misalnya, bisa dipakai untuk TPS,” sambung Boy memberikan contoh.




Nantinya, di tiap TPS itu akan dilengkapi berbagai macam alat pencoblosan. Di antaranya kotak, bilik, formulir, dan tinta. Kotak digunakan untuk menampung surat suara yang sudah dicoblos oleh pemilih. Adapun bilik digunakan untuk tempat bagi pemilih untuk mencoblos, agar tidak kelihatan orang lain. Sedangkan tinta dipakai untuk memberikan tanda bagi pemilih yang sudah menyalurkan hak pilihnya. Biasanya, usai mencoblos, pemilih diminta untuk mencelupkan salahsatu jarinya ke tinta itu.




Jumlah TPS di Pagaralam sendiri berjumlah 429 buah. TPS ini digunakan saat gelaran Pilpres 9 Juli 2014 lalu. TPS itu tersebar di lima kecamatan yakni, Pagaralam Utara, Pagaralam Selatan, Dempo Utara, Dempo Tengah dan Dempo Selatan. Boy yakin, jumlah TPS untuk Pilkada Pagaralam akan sama dengan Pilpres itu. (11/CE-V)

Previous Rela Berhujan Saksikan Liga PSSI Cup 2017
Next PAN Jagokan Halipan