Satu Pelaku Pembakar Hutan Diperiksa


Foto : Ist For Pagaralam Pos
TINJAU : Kanit Pidsus Polres Lahat, Ipda Chandra Kirana SH saat meninjau lokasi lahan yang dibakar ZA, Selasa (22/9).

PAGARALAM POS, Lahat – Tindakan tegas bagi pelaku pembakaran lahan dan hutan, nampaknya bukan sekedar sosialisasi belaka. Polres Lahat baru-baru ini menetapkan 1 tersangka pembakaran lahan, yakni ZA (54) yang berada di Desa Bungamas, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat.

Kapolres Lahat, Achmad Gusti Hartono SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Kurniawi H Barmawi S.Ik, didampingi Kanit Pidsus, Ipda Chandra Kirana SH membenarkan, saat ini pihaknya tengah memeriksa satu tersangka yang diduga melakukan pembakaran secara sengaja di areal kebun. “Sesuai atensi pimpinan, pembukaan lahan secara dibakar itu dilarang. Imbauan ini sebelumnya terus disosialisasikan oleh jajaran Polres Lahat,” ujar Chandra, Selasa (22/9).

Chandra menuturkan, diperiksanya satu terduga tersangka pembakaran lahan ini, diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Bagi masyarakat yang mengetahui adanya oknum/masyarakat yang sengaja membakar lahan, kiranya segera melapor ke pihak kepolisian.”Kalau masih ada yang coba buka lahan secara dibakar, akan ditindak tegas. Dampak Karhutla ini sangat besar, bisa menyebabkan longsor dan banjir besar seperti tahun sebelumnya,” tegas Chandra. (her18)

Previous Gambo Muba Bakal Masuk Mapel dan Kurikulum Sekolah
Next Bupati Apresiasi TMMD di Pendopo