Satu CJH Asal Pagaralam Meninggal Dunia


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Berita duka datang dari Calon Jama’ah Haji (CJH) Kota Pagaralam. Satu orang CJH Kota Pagaralam yang keberangkatannya diundur dari tahun 2020 ke tahun 2021, dikabarkan meninggal dunia pada Jum’at (16/7) lalu.

Kabar duka ini dibenarkan Kepala Kankemenag Kota Pagaralam H Win Hartan SAg MPdI melalui Kasi Pelaksanaan Haji dan Umrah Silahuddin SAg MPdI, ketika dibincangi wartawan koran ini.

“Yang bersangkutan (Almarhum) terdaftar sebagai CJH yang mengalami penundaan tahun ini, pasca adanya edaran Kementerian Agama beberapa waktu lalu,” jelas Silahudin. Soal yang bersangkutan sudah terdaftar dan melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), dikatakan Silahuddin, Kemenag masih menunggu keputusan ahli waris, terkait siapa yang akan menggantikan almarhum berangkat ke tanah suci tahun depan. “Karena jika ada ahli warisnya, keberangkatan bisa digantikan,” ujarnya.

Sementara untuk penarikan biaya pelunasan haji yang dilakukan oleh CJH asal Kota Pagaralam, sejauh ini belum ada dan masih ditunggu sampai batas 31 Juli mendatang. Karena berdasarkan surat edaran Kemenag RI melalui Dirjen Pelaksanaan Haji dan Umroh nomor B.22049/DJ/Dt.II.II.1/KS.02/06/2020 tanggal 22 Juni 2020 tentang penetapan tanggal pengembalian pelunasan Bipih dibatasi hingga tanggal 31 Juli 2020. “Dan ketentuan ini ada pengecualian bagi CJH yang benar-benar membutuhkan dan mencantumkan alasan yang jelas,” jelasnya. (Cg09)

Previous Bagikan Daging Qurban Langsung ke Rumah
Next Penanganan Covid Diminta Lebih Serius